Wisata  

Pesona Keindahan Pantai Kota Cilacap

Bekasi, BK – MENJELAJAHI beberapa tempat wisata yang ada di kampung halaman adalah hal yang sangat menyenangkan, karena selain bisa bersilaturahmi dengan keluarga kita juga bisa refreshing untuk menghilangkan penat setelah melakukan kegiatan sehari-hari. Salah satu wilayah di Jawa Tengah yang memiliki banyak tempat wisata alam adalah Kabupaten Cilacap. Di sana terdapat banyak pantai dengan pemandangan indah dan selalu ramai pengunjung. Tempat wisata yang paling sering saya kunjungi saat berada di kampung halaman adalah Pantai. Pantai Sodong adalah salah satu pantai yang berada di Cilacap. Kota Cilacap dikenal dengan banyaknya pantai yang dimiliki karena bagian selatan kota Cilacap ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

Pantai Sodong sering dijuluki pantai Bendahan atau pantai Selok oleh warga sekitar karena lokasi yang berdekatan dengan Gunung Selok dan bukit Srandil. Di sana kita bisa bermain pasir, menikmati wahana permainan seru seperti ATV, berenang, camping ground, menikmati deburan pasir yang dihantam ombak, serta menikmati makanan yang ada di warung pinggir pantai. Saat memasuki pantai kita akan disuguhkan suasana air laut yang bersih dengan hamparan pasir hitam yang membuat suasana semakin berkesan, serta tebing-tebing yang menjulang tinggi disekitaran pantai. Diantara tebing-tebing tinggi, terdapat batu yang terlihat kecil dari jauh namun sangat besar saat di dekati. Konon katanya batu misterius tersebut akan tetap terlihat meskipun air laut sedang tinggi.

Pantai ini buka pada jam 08.00 pagi sampai 18.00 sore. Sedangkan waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Sodong yaitu di siang menjelang sore hari untuk menikmati sunset (matahari terbenam) ketika senja tiba. Namun tetap berhati-hati saat berwisata ke pantai, karena terkadang ombak datangnya tiba-tiba. Pada saat itu saya datang di sore hari bersama keluarga dan tak lupa mengabadikan momen di sana. Terlihat beberapa spot foto yang menarik untuk di unggah ke media sosial. Dengan biaya sekitar Rp7.000 kita bisa masuk ke pantai ini termasuk dengan biaya parkir. Wisatawan yang datang kebanyakan berasal dari daerah Jawa Tengah khususnya warga Cilacap dan sekitarnya, namun terdapat juga wisatawan dari luar daerah dan luar negeri (wisatawan asing).

Kawasan Pantai Sodong juga menawarkan keindahan dari pepohonan cemara. Para pengunjung dapat melihat deretan indah pohon cemara mulai dari gerbang masuk kendaraan. Bagi wisatawan yang ingin berfoto di deretan pohon cemara, dapat menggunakan bangku dan ayunan yang tersedia. Saat berada di sana jangan lupakan juga wisata kulinernya, saya biasanya membeli Pecel, Mendoan, Tahu Masak dan Kelapa untuk menikmati suasana senja di pantai. Mendoan khas Cilacap memang terkenal enak dan gurih apabila dinikmati ketika masih panas dan disajikan dengan sambal kecap yang pedas.

Kemudian salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat datang ke Cilacap yaitu Pantai Jetis yang merupakan salah satu pantai eksotis di kabupaten Cilacap. Harga Tiket Masuk Pantai Jetis hanya Rp5.000 untuk kendaraan bermotor. Sedangkan kendaraan roda empat atau mobil harga tiket masuknya sebesar Rp 10.000. Pantai Jetis kini cukup terkenal di kalangan wisatawan dengan berbagai keindahan alamnya. Pantai Jetis ini terletak di Desa Jetis, Nusawungu Kabupaten Cilacap. Tepatnya di ujung timur Cilacap dan bersebelahan dengan Pantai Ayah dan Pantai Logending di kawasan Kebumen. (BK/Farah Anisa Eka Putri)

Penulis adalah Mahasiswa Unisma Bekasi

 1,410 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *