Wisata  

Indahnya Pemandangan di Kawasan Perkemahan Ranca Upas

Bandung, BK – LIBURAN ke Bandung kurang lengkap tanpa menikmati keindahan wisata alamnya. Dan bicara tentang wisata alam di Bandung memang tak ada habisnya. Satu lagi, tempat wisata yang banyak menyedot perhatian pengunjung adalah Wisata Ranca Upas di Ciwidey memang berada cukup jauh dari pusat kota Bandung, kurang lebih berjarak 50 kilometer, tepatnya di Desa Alam Endah, Kecamatan Ranca Upas. Butuh waktu sekitar dua jam dari pusat kota Bandung untuk tiba di kawasan wisata Ranca Upas ini dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Dengan udara yang sangat sejuk, tempat wisata yang terkenal dengan nama Kampung Cai Ranca Upas. Tempat wisata ini juga banyak dikunjungi bukan dari masyarakat Indonesia saja, tetapi juga ada beberapa pengunjung dari luar negeri. Objek wisata Ranca Upas adalah konservasi penangkaran Rusa Jawa, area camping, kolam renang, dan Kids Zone
Saya ke Ranca Upas pada Minggu, 31 Oktober 2021 bersama keluarga. Dalam perjalanan dari rumah yang beralamat di Pulogebang ke Ranca upas cukup memakan waktu lama, saya butuh waktu 2 jam 30 menit untuk tiba di lokasi dengan menggunakan akses jalan tol Pulogebang menuju keluar tol Soreang.

Saat ingin sampai lokasi, sepanjang jalan terlihat pemandangan yang cukup indah seperti perkebunan teh, perkebunan strowbery, dan pegunungan. Setelah memakan waktu yang cukup lama dalam perjalanan saya pun dan keluarga tiba di lokasi. Tiket masuk Ranca Upas pun terjangkau seperti :
– Tiket masuk Wisatawan Nusantara: Rp27.000/orang
– Tiket masuk Wisatawan Mancanegara: Rp44.000/orang
Tiket masuk sudah termasuk dalam kandang penangkaran rusa.
Tiket Kemping
– Tiket Kemping : Rp11.000/orang/malam
Jasa Layanan Pengaturan Kendaraan
Roda 2 : Rp2.000
Roda 2 Camping : Rp3.000
Roda 4 : Rp4.000
Roda 4 Camping : Rp5.000
Roda 6 : Rp8.000
Roda 6 Camping : Rp9.000
Wahana
Kolam Renang : Rp22.000
Kids Zone : Rp10.000
(Tiket sudah termasuk masuk dalam kandang penangkaran rusa)
Setelah sampai di lokasi wisata Ranca Upas saya pun camping bersama keluarga dan mengunjungi tempat penangkaran rusa di area wisata Ranca Upas.

Foto di atas saya ambil ketika berada di area camping Ranca Upas, meskipun cuaca mendung namun tidak menutup fakta bahwa pemandangan wisata tersebut sangat indah dan sejuk. Camping di perkemahan Ranca Upas sangat aman dan nyaman. Camping di Ranca Upas nggak perlu repot membawa perlengkapan berkemah, karena bisa menyewa segala peralatannya di sini, termasuk tenda, sleeping bag, dan lain-lain.

Kebutuhan logistik selama camping di perkemahan Ranca Upas juga akan terpenuhi karena banyak warung yang menjajakan aneka makanan, minuman, hingga kayu bakar. Apalagi Gunung Patuha yang berada tepat di belakang saya yang sangat indah dan megah. Kawasan itu tidak terlalu ramai, hanya terlihat beberapa tenda pengunjung lainnya.

Saat saya mengunjungi konservasi penangkaran Rusa Jawa yang mempunyai nama latin Cervus Timorensis ini. kegiatan ini termasuk salah satu yang paling populer di Ranca Upas. Di atas lahan seluas lima hektar ini, saya bisa melihat dengan mata kepala sendiri kawanan rusa yang hidup bebas di alam terbuka. Di sini saya juga bisa memberi makan rusa-rusa tersebut dengan wortel serta sayuran lainnya yang sudah disediakan. (BK/Soni Dwi Agung Laksono)

Penulis adalah Mahasiswa Unisma Bekasi

 1,642 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *