Hukum  

Kepala Kanwil Kemenkumham Ajak Para Pegawai dan Warga Binaan Lapas Tingkatkan Rasa Syukur

Loading

JAKARTA, BK – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta bersama Balai Harta Peninggalan Jakarta menyemarakkan bulan suci Ramadhan dengan pembagian ta’jil, Kamis (14/04/2022).

Dipimpin langsung Kepala Kantor Wilayah, Ibnu Chuldun, kegiatan pembagian ta’jil dilaksanakan di depan Kantor Wilayah dan diberikan kepada masyarakat yang melintas di area Jl. MT Haryono Jakarta Timur, menjelang berbuka puasa.

Kegiatan ini telah diselenggarakan selama Bulan Ramadhan 1443 H dan diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan Para Pegawai pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta dan Balai Harta Peninggalan Jakarta.

Kegiatan pembagian ta’jil pada sore hari kepada sesama, di rangkai dengan kegiatan Safari Ramadhan di Lapas Kelas IIA Salemba pada malam harinya.

Kegiatan Safari Ramadhan Kanwil Kemenkumham DKI diawali dengan Sholat Isya dan Sholat Tarawih bersama Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Perwakilan Kepala BHP Jakarta, serta Kepala UPT lainnya di lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, juga diisi dengan tausiyah Ramadhan diikuti oleh para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan yang sekaligus sebagai pembekalan serta pembinaan rohani yang juga termasuk dalam salah satu tugas dan fungsi Lapas. Pelaksanaan Sholat Isya dan Sholat Tarawih bersama juga diisi dengan tausiyah Ramadhan.

Kakanwil Kumham DKI, Ibnu Chuldun mengingatkan kepada para jamaah dengan menyampaikan dua hal penting terkait sabar dan syukur, untuk dijadikan pedoman dalam menjalani kehidupan dimanapun tempatnya. Sabar merupakan kemampuan untuk mengendalikan diri dan kunci untuk menyelesaikan berbagai masalah kehidupan.

Ibnu Chuldun berharap agar seluruh jamaah dapat bersabar menghadapi berbagai permasalahan di Lapas karena ini termasuk ujian yang diberikan oleh Allah SWT.

“Semakin banyak bertaqwa kepada Allah, maka kita akan semakin dekat dengan Allah,” ujar Ibnu Chuldun.

Sabar akan sempurna jika dilengkapi dengan rasa syukur. Ibnu Chuldun mengajak para jamaah untuk meyakini bahwa tidak ada yang memberi nikmat kecuali Allah.

“Barangsiapa yang bersyukur kepada Allah maka akan bertambah nikmat. Jika tidak bersyukur, maka azab Allah sangatlah pedih. Hal itu telah tertuang di dalam Al-Qur’an dan jadikan pegangan kita semua,” tutur Ibnu menambahkan.

Ibnu juga berharap rasa syukur dapat ditingkatkan pada bulan suci Ramadhan ini.

“Kita masih bisa bernafas dan merasakan nikmatnya bulan suci Ramadhan, sungguh ini merupakan nikmat yang besar dari Allah,” ujar Ibnu Chuldun.

Karena itu, Ibnu menginginkan seluruh jamaah agar dapat memanfaatkan momen bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya.

“Mari kita gunakan kesempatan untuk meningkatkan kompetensi kita kepada Allah. Tidak ada alasan bagi jamaah untuk meninggalkan ibadah,” tegasnya.

Dia pun berharap para WBP dapat beribadah lebih giat dengan melaksanakan sholat dan mengkhatamkan Al-qur’an.

“Semoga amal ibadah kita semua diterima dan dilipatgandakan pahala kita oleh Allah SWT,” ujar Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI ini.

Safari Ramadhan kali ini merupakan kegiatan safari multi fungsi, yang merupakan inisiatif Ibnu dalam meningkatkan kerohanian pegawai sekaligus mengembangkan studi tiru bagi BHP Jakarta dan UPT lain di lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI dengan lokasi percontohan Lapas Salemba.

Ibnu menerangkan bagaimana management perkantoran yang baik dapat dilaksanakan disini, padahal LP Salemba dengan jumlah pegawai yang sedikit tapi mampu mengelola managemen perkantoran untuk mengurus ribuan WBP, Ibnu menerangkan, sistem dan SDM yang kompeten merupakan kuncinya.

Kegiatan dilanjutkan dengan studi lapangan dan diakhiri dengan tatap muka Ibnu Chuldun beserta jajaran dengan WBP, dimana juga dilaksanakan pemaksimalan fungsi perlindungan HAM bagi WBP yang dilaksanakan oleh Kadiv Yankum Kanwil Kemenkumham DKI, Ronald Lumbuun.

Ronald menyampaikan kepada WBP, selain rasa aman, tertib dan nyaman yang WBP rasakan di dalam LP Salemba, ada fungsi-fungsi perlindungan HAM yang diberikan oleh negara di dalam LP ini, contoh kecil adalah dengan fasilitas-fasilitas keagamaan yang nyaman, dimana ada masjid, gereja, vihara yang layak.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta telah memanfaatkan momentum bulan Ramadhan sebagai sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Pemberian ta’jil, pelaksanaan safari Ramadhan hingga penyelenggaraan Zakat Fitrah telah dilakukan oleh satuan kerja lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta. Harapannya, semoga seluruh ASN dapat merefleksikan diri untuk dapat berkinerja yang semakin BerAKHLAK dan PASTI. (Chard)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *