Utama  

Gibran Maju Cawapres Dampingi Prabowo, BMI Ragukan Presiden Jokowi Akan Netral

JAKARTA, BERITAKOTA.COM – Sayap Partai PDIP, Banteng Muda Indonesia (BMI) menilai legitimasi Pemilu 2024 yang beberapa bulan kedepan akan dilaksanakan sedikitnya tidak mendapat simpatik dari beberapa kalangan.

Ketua DPP BMI, Mixil M. Munir mengatakan, hal itu terlihat dari banyaknya aduan masyarakat baik itu dari lembaga yang konsentrasi dalam kepemiluan dan aktifis demokrasi.

“Ada banyak sekali aduan dari masyarakat terhadap pemilu yang tidak fair, yang tidak jurdil. Ada juga dugaan keikutsertaan dari aparat pemerintah dalam proses pemilu ini,” terang Mixil, dalam diskusi yang digelar Beta Ganjar bertajuk “Politik Dinasti Vs Politik Identitas Vs Politik Demokrasi”, Jakarta, Kamis (07/12/2023).

Dia mengkritisi peran pemerintah untuk bersikap netral mengingat anak dari Presiden Joko Widodo ikut maju sebagai calon Wakil Presiden berpasangan dengan Prabowo Subianto dalam kontentasi Pilpres 2024.

“Pemerintah diduga merekayasa sedemikian rupa agar anaknya Presiden Joko Widodo menjadi salah satu kandidat. Ini yang menurut kita pemerintah tidak fair dalam melakukan sirkulasi kepemimpinan nasional,” tukasnya.

MIXIL menanyakan, bagaimana mungkin seorang presiden bertindak netral dalam proses pemilu. Dimana salah satu kandidatnya adalah anak presiden itu sendiri.

Maxil beranggapan, proses pemilu yang saat ini sedang berjalan seharusnya memberikan pendidik politik terhadap masyarakat dari para kandidat.

“Para calon harusnya mempunyai program ide dan gagasan,” tukasnya.

Dalam kesempatan sama, Praktisi Hukum dan Aktifis Kemanusiaan, Joel Andar Simanjuntak menuturkan, yang terjadi saat ini dalam penegakan hukum masih jauh dari yang diharapkan.

Menurut Joel, hukum yang seharusnya dijunjung tinggi dan dipatuhi dapat dimanipulasi.

“Jadi sebenarnya kita enggak sangka cara-cara yang menggunakan dengan memanipulasi hukum. Pemerintah sendiri yang melanggar aturan-aturan yang mereka buat untuk melakukan kekuasaannya,” katanya. (Ralian)

 344 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *