Utama  

BSPN PDIP: Pancasila Pemersatu dan Identitas Bangsa Yang Harus Dikelola Dengan Baik

JAKARTA, BERITAKOTA.COM – Bidang Hukum dan Advokasi Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Putu Bravo menegaskan bahwa indetitas setiap orang yang berbeda-beda jangan sampai disalahgunakan.

“Bangsa yang ber-Bhineka Tunggal Ika dan identitas bermacam-macam. Kita berbeda suku, berbeda ras, tetapi kita dipersatukan oleh pancasila dan tidak menghilangkan identitas kita,” kata Putu dalam diskusi yang digelar Elemen Relawan Garda Nasional (ELEGAN) bertajuk “Calon Pemimpin Pembela Rakyat”, Jakarta, Rabu (06/12/2023).

Menurut Putu, perbedaan itu kemudian sama-sama meleburkan diri jadi satu. Identitas Indonesia sebagai bangsa harus dikelola agar tidak digunakan untuk diadu domba dan tidak untuk dipecah belah.

Karenanya, lanjut dia, hal itulah yang harus terus didorong dan digaungkan kepada masyarakat. “Pentingnya mengelola indetitas agar masyarakat tak mudah disetir dan diadu domba apalagi di masa pesta demokrasi saat ini,”ujar Putu.

“Identitas saya, kalian, pasti berbeda, tetapi kan bukan berarti tak bisa bersatu. Kita bersatu karena kuat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum BETA Ganjar, Marlin Bato melihat isu agama tidak menonjol dan lebih adem-ayem ketimbang pemilu sebelumnya. Namun, Marlin tak menampik bahwa politik identitas akan selalu ada.

Namu, lanjut Marlin, untuk Pemilu 2024 ia menilai pada skala nasional tidak terlalu menonjol.

“Agama ini soal pribadi dan itu realita yang menjadi perekat kita itu pancasila,” tegas Marlin.

Menurutnya, jika ada oknum yang membawa isu agama, atau politik identitas sudah barang tentu orang tersebut ingin memecah belah masyarakat.

Dia mengimbau, jika ada yang berupaya menarik ke ranah isu SARA agar dieleminir atau diabaikan. Karena isu SARA Jika digunakan dan terjadi sampai skala nasional akan menjadi ancaman yang serius dan berbahaya.

“Saya kira perlu kawan-kawan menyampaikan ke masyarakat agar jangan sampai isu ini ditelan bulat-bulat tanpa disaring terlebih dahulu, ujar Marlin. (Ralian)

 428 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *