Utama  

TP PKK Provinsi Banten Luncurkan Gerakan Sejuta Pohon Kelor

Loading

KOTA SERANG, BERITAKOTA.COM – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Banten meluncurkan program Gerakan Sejuta Pohon Kelor, mulai tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga tingkat Desa/Kelurahan bersama dengan para kader PKK.

“Kita sama-sama menggerakkan untuk menanam pohon kelor di pekarangan rumah masing-masing di halaman kosong,” ungkap Ketua TP-PKK Provinsi Banten Tine Al Muktabar di Gedung Negara Provinsi Banten, Kota Serang, Jumat (26/5/2023).

Dikatakan, pada dasarnya pohon kelor memiliki banyak manfaat khususnya dalam kesehatan. Oleh karena itu, pihaknya meluncurkan Gerakan Sejuta Pohon Kelor.

“Hari ini kita luncurkan dan terus akan ada gerakan. Nanti di akhir tahun akan ada penilaian, kita akan melakukan penilaian Program Aku Hatinya PKK,” katanya.

“Jadi di situ harus ada parameter penanaman pohon kelor. Nanti lokasi mana yang memiliki progresif peningkatan pohon kelor di halaman rumahnya. Maka itu mendapatkan salah satu poin untuk menjadi juara pada Program Aku Hatinya PKK,” sambunya.

Meski program tersebut dilakukan untuk kader PKK, kata Tine, pihaknya juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumahnya dengan menanam pohon kelor.

“Kita juga mengajak dan menggerakkan masyarakat untuk menanam di setiap pekarangan rumahnya,” imbuhnya.

Tine menyampaikan TP-PKK Provinsi Banten nantinya akan memberikan benih pohon kelor secara masif ke Kabupaten/Kota sebagai inisiasi awal dalam Gerakan Sejuta Pohon Kelor. Diharapkan hal tersebut dapat ditindaklanjuti.

“Memang untuk penanganan atau pencegahan stunting membutuhkan protein hewani, tetapi kita boleh kombinasikan formulasikan dengan berbagai kandungan mineral vitamin dan antioksidan yang ada dalam kandungan pohon kelor,” jelasnya.

Selain itu, ujar Tine, salah satu alasan pihaknya menggerakan Program Sejuta Pohon Kelor tersebut. Lantaran pohon kelor memiliki unggulan yang luar biasa.

“Kita terus meluncurkan itu, karena kita akan menggaungkan keunggulan kelor di mata dunia. Kalau Korea punya ginseng, maka kita punya pohon kelor,” pungkasnya. (Zal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *