Debat Kandidat, KPU Kota Cilegon Siapkan 7 Tema

Pilkada Kota Cilegon

DEBAT: Persiapan KPU Kota Cilegon untuk Debat Calon Kepala Daerah. (FOTO: Ghozali)

KOTA CILEGON – Tujuh tema besar dalam debat kandidat pasangan calon (Paslon) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cilegon akan diusulkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon.

Hal tersebut terungkap dalam Focus Group Discussion (FGD) yang digelar bersama tim perumus di salah satu hotel yang ada di Kota Cilegon, Rabu (14/10/2020).

“Terkait dengan tema debat, memang di UU PKPU No 7 dan 11 itu menetapkan 7 tema besar, antara lain tentang kesejahteraan masyarakat, penyelarasian program pusat, kabupaten, kota dan provinsi, insfrastruktur termasuk penanganan pencegahan Covid-19,” kata Komisioner KPU Banten, Eka Satialaksmana kepada awak media, Selasa (13/10/2020).

Menurutnya, dari ke-7 tema besar tersebut yang akan dijadikan tim penyusun materi debat untuk menyusun soal-soal debat. Dari tema tersebut tim penyusun dan KPU Kabupaten/Kota bisa menjadikan grand tema.

“Jadi, kalau ada tiga debat berarti ada tiga tema. Tapi itu hanya garis besar saja, secara detailnya nanti bersama tim penyusun,” tegasnya.

Ia juga mengaku, KPU Kabupaten/Kota tengah menunjuk tim penyusun. Dikatakan Eka, tim penyusun merupakan seseorang yang mempunyai integritas, kejujuran, kepakaran sesuai dengan ahlinya dan tidak memihak serta netral.

“Karena ini menyangkut integritas penyelenggaraan serentak secara keseluruhan,” tuturnya.

Selain itu, Ia juga mengatakan, jika terdapat paslon yang secara sah terbukti menolak mengikuti debat akan dikenakan sanksi sesuai PKPU. Diantaranya, akan dipublish oleh kpu, bahwa paslon menolak debat.

“Kemudian, sanksi lainnya tidak ditayangkan sisa iklannya yang difasilitasi oleh kami,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Ketua KPU Kota Cilegon, Irfan Alfi mengatakan, pertemuan bersama tim perumus dalam rangka mempersiapkan materi debat pada Pilkada Kota Cilegon. Ia juga mengaku, tengah menyampaikan kepada LO (Liaison Officer) masing-masing paslon terkait persiapan materi debat dengan 7 tema besar.

“Salah satunya bagaimana konsep-konsep penanganan Covid-19 kedepannya, bagaimana menurut masing-masing pasangan calon,” tegasnya. (BK/Ghozali)

 1,172 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *