Kajati DKI Minta Guru Besar UI Prof. Topo Buat Buku Mengulas KUHP Baru

JAKARTA, BK – Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Reda Manthovani menghadiri acara launching buku Asas-Asas Hukum Pidana yang ditulis Prof. Topo Santoso di Auditorium Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Kamis (02/03/2023).

Reda juga turut diundang sebagai narasumber untuk mengulas buku Guru Besar Universitas Indonesia tersebut.

Dalam kesempatannya, Reda menyarankan Prof. Topo Santoso membuat buku yang lebih banyak membahas KUHP baru yang akhir tahun lalu disahkan DPR.

“Jika kita membaca KUHP yang baru ini lebih humanis karena adanya restorative justice. Sekedar saran Prof. Topo nanti membuat buku yang lebih banyak lagi membahas KUHP baru,” ujarnya.

Reda menuturkan, dengan terbitnya buku hukum pidana Prof. Topo Santoso menjadi modal dasar jaksa dalam membuat dakwaan.

Menurutnya, buku tersebut dapat merinci surat dakwaan dengan menjadikannya sebagai rujukan.

“Buku ini terdapat uraian dan sub uraian yang diurai dengan tuntas disertai dengan pendapat ahli dan KUHP baru,” jelasnya.

Reda menilai buku tersebut juga memanjakan pembaca, karena mudah dibaca dan detail pembahasannya.

Sementara itu, Ketua Dewan Guru Besar UI Prof. Harkristuti Harkrisnowo menyambut baik atas peluncuran buku Asas-Asas Hukum Pidana karya Prof. Topo Santoso.

Peluncuran buku yang dipandu oleh Moderator Dr. Febby Mutiara N yang merupakan Akademisi Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Dia mengatakan, buku tersebut penting untuk didalami, karena didalamnya terdapat pikiran dasar dalam hukum konkret atau diluar peraturan hukum konkret di Indonesia.

Mengakhiri sambutan, Prof. Topo Santoso menyampaikan rasa terimakasih kepada para undangan yang hadir dan pihak yang mendukung selama penulisan buku.

Menurut Prof. Topo, buku tersebut merupakan best seller hukum pidana yang pernah ditulisnya.

“Buku ini memuat beberapa materi KUHP baru, mudah-mudahan karya ini bisa digunakan oleh para praktisi hukum dan para aparat penegak hukum,” tutupnya.

Dalam launching buku Asas-asas Hukum Pidana menghadirkan Hakim Agung Prof. Surya Jaya, Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Reda Manthovani, Ketua Dewan Guru Besar UI Prof. Harkristuti Harkrisnowo, Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kemenkumham Prof. Asep, Plt. Dirjen Hak Asasi Manusia Kemenkumham Dahana serta Ketua Sekolah Tinggi Hukum Militer Brigjen TNI Dr. Ateng Karsoma.(Chard)

 1,215 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *