Utama  

Mahfud MD Resmi Mundur dari Jabatan Mekopolhukam

JAKARTA, BERITAKOTA.COM – Menteri Koordinator Politik, hukum, dan Pertahanan (Menkopolhukam) Mahfud MD resmi mengundurkan diri dari jabatan kabinet Presiden Joko Widodo.

Hal ini resmi dilakulkan Mahfud MD, di Lampung, Rabu (31/1/2024). Dia beralasan tidak ingin terjadi konflik kepentingan selama menjabat Menkopolhukam selama manjadi Cawapres mendampingi Capres Ganjar Pranowo.

“Saya mundur karema tidak ingin terjadi konflik kepentingan sehingga saya hari ini memutuskan untuk mundur. Hari ini pak Presien Jokowi belum ada di Jakarta, dan saya juga tidak di Jakarta. Nanti, Kamis (1/2/2024), kalau pak Presdien di Jakarta, saya akan menyampaikan surat pengunduran diri saya,”kata Mahfud.

Di tempat terpisah, calon presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo, mengatakan menghormati langkah calon wakil presiden nomor urut 03, Mahfud Md, mundur dari kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Saya hormat dan respect dengan keputusan mundur Prof @mohmahfudmd untuk mengurangi potensi-potensi penyalahgunaan fasilitas negara. Ini menunjukkan integritas beliau yang sangat tinggi, mudah-mudahan keputusan ini bisa dicontoh oleh yang lain,” ucap Mahfud.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md menunjukkan surat pengunduran diri dari Kabinet Indonesia Maju. Momen itu terjadi di sela-sela kunjungannya di Pura Ulun Danu Tirta Gangga, Kecamatan Seputih Banyak, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, Rabu (31/1/2024).

Menanggapi mundurnya Mahfud, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana bilang kalau Presiden Joko Widodo menghargai keinginan Mahfud untuk mengundurkan diri. Sebab, itu adalah hak dan pilihan politik dari Mahfud.

“Jadi presiden sangat menghargai keinginan itu,” ujar Ari kepada wartawan.

Ari menghargai keinginan Mahfud bertemu Jokowi. Tujuannya adalah untuk menyampaikan secara langsung surat pengunduran diri.

“Ini sesuatu yang tentu saja harus kita hormati keinginan beliau. Dan kita tahu sekarang ini presiden sedang berada di daerah dalam rangka kunjungan kerja dan beliau akan kembali besok malam ke Jakarta. Tentu setelah itu kita bisa tahu kapan bisa dijadwalkan pertemuan antara Pak Mahfud dengan presiden,” kata Ari. (Ralian)

 1,989 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *