Utama  

Sekjen PDIP: Mahfud Akan Mundur Setelah “Pekerjaan Rumahnya” Selesai

JAKARTA, BERITAKOTA.COM – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkopolhukam) yang juga calon Wakil Presiden pasangan calon nomor 3 Mahfud MD belum bisa dipastikan kapan mundur dari jabatannya menteri. Namun demikian, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto menyebut Mahfud baru akan mundur setelah beberapa tugas yang menjadi tanggung jawab Menkopolhukam tuntas dikerjakan.

“Sebenarnya sudah ada kesepakatan (terkait mundur) dengan Pak Ganjar dan Prof Mahfud yang didukung oleh seluruh ketua umum partai politik (pengusung),” Hasto usai menghadiri Kampanye Terbuka PDI-P di Lapangan Sawah Brebes, Bandar Lampung, Minggu (27/8/2024).

Hasto menyebut, Mahfud masih memiliki “pekerjaan rumah” sebagai Menkopolhukam yang harus diselesaikan dalam waktu dekat.

“Jadi Prof Mahfud ini abdi negara, beliau bertanggung jawab, jadi sebelum mundur segala sesuatunya akan diselesaikan terlebih dahulu,” katanya.

Secara spesifik Hasto menjabarkan “pekerjaan rumah” Menkopolhukam yakni kasus tanah dan kejahatan koorporasi serta keuangan, meski tidak secara detail menyebut kasusnya.

“Banyak tugas mendesak juga dari Prof Mahfud, persoalan ketidakadilan terkait tanah, kejahatan di dunia koorporasi, keuangan, harus diselesaikan oleh Prof Mahfud,” katanya.

Hasto menambahkan, misalnya ada tuntutan terkait kasus tanah di Rempang, yang harus diselesaikan karena menyangkut hajat hidup orang banyak.

Terkait kapan waktunya Mahfud mundur dari jajaran kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), Hasto hanya menyebut menunggu “momen” yang tepat.

“Tentu saja akan kita lihat momentumnya. Sudah ada kesepakatan dengan Pak Ganjar. Kalau dari pembahasan itu kita cari momentum yang terbaik,”ujar Hasto.

Sementara itu, Mahfud memastikan akan mundur dari jabatannya sebagai menteri di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin dalam waktu dekat.

Mahfud mengaku mencari waktu yang pas untuk dirinya mundur dari kabinet Jokowi.

Penegasan Mahfud MD itu disampaikan ke para wartawan di Stadion Dadaha, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (27/1/2024).

“Pasti lah (mundur). Pasti itu, saya pasti (mundur),” terang Mahfud. (Ralian)

 330 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *