Utama  

Wandik Putra Pertama Asal Papua Jabat Ketua DPP MPO GAMKI

AMBON, BERITAKOTA.COM – Setelah mengundurkan diri dalam pemilihan ketua umum Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPP GAMKI), Willem Wandik didapuk menjabat Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) DPP GAMKI, di Kongres XII GAMKI, Jumat (19/5/2023).

Wandik menggantikan Michael Wattimena, yang sebelumnya menjabat Ketua MPO DPP GAMKI periode 2019-2022.

“Fatsunnya, untuk menempati posisi ketua umum adalah yang pernah menjabat ketua umum sebelumnya. Karena itu, Wilem Wandik layak untuk menjabat Ketua MPO DPP GAMKI,”kata BMW, panggilan Michael Wattimena.

Wandik, lulusan Fisipol Universitas Gajah Mada tahun 2004 itu memilih mundur untuk tampil dalam pemilihan ketua umum DPP GAMKI yang di gelar di Gereja Protestan Maluku (GPM) Maranatha, Uritetu, Sirimau, Kota Ambon, Maluku.

“Demi berjalannya regenerasi kepemimpinan di GAMKI saya mengundurkan diri, dan menyerahkan tongkat kepemimpinan kepada generasi yang lebih muda,”ucap Wandik.

Dari hasil penjaringan bakal calon Ketum, Wandik mendapat 65 suara dukungan, Sahat 169 suara dukungan, Dikson (42) dan Indra Rajagukguk (1).

Untuk melaju dibutuhkan 15 persen dari 277 total suara pemilih. Sekitar 42 suara. Wandik sudah mengantongi tiket syarat calon dalam pemilihan ketua umum.

Akan tetapi, Wandik memutuskan untuk mengundurkan diri dalam tahap pemilihan selanjutnya. Hal senada, Dikson juga mengikuti langkah Wandik.

Dengan keputusan Wandik dan Dikson mundur bertarung kursi Ketum. Akhitrnya, Ketua majelis persidangan Maruli Silaban menetapkan Sahat Martin Philip Sinurat sebagai Ketua Umum DPP GAMKI terpilih untuk periode 2023-2026.

Sebelumnya, Sahat menjabat Sekum DPP GAMKI, mendampingi Willem Wandik.

Terpilihnya Willem Wandik menjabat Ketua MPO GAMKI menjadi catatan sejarah baru bagi sejarah gerakan Pemuda Kristen Indonesia. Wandik tercatat putra pertama Papua menempati pucuk pimpinan di posisi jabatan MPO.

Tiga kali torehan sejarah yang telah dilakukan Wandik. Sebelum menempati posisi Ketua MPO, Wandik juga bendahara umum dan Ketua Umum pertama kali asal Papua.

Dalam dunia politik, tidak tanggung-tanggung sosok Wandik menempati jabatan Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat. Kini, Partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini menugaskan Wandik menggantikan Lukas Enembe setelah tersandung korupsi sebagai Ketua Plt DPD Partai Demokrat Papua. (Ralian)

 540 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *