PANTAS Serius Garap UMKM, Termasuk ‘Market Place’ sebagai Jendela Produk Unggulan Daerah

Pilkada

GARAP UMKM: Pasangan calon Kepala Daerah Kotim PANTAS siap majukan UMKM. (FOTO: Istimewa)

SAMPIT – UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah selalu menjadi isu yang seksi, sebagai jualan para Calon Kepala Daerah dalam berkampanye, paling tidak bisa dilihat dalam dua dekade terakhir ini. Namum tidak semua Kepala Daerah dapat mengimplementasikannya dengan baik dan serius ketika terpilih. Karena tidak memiliki konsep yang menyeluruh ditambah basis data serta regulasi yang justru tidak memberikan ruang UMKM berkembang.

Data Statistik UMKM di Indonesia menunjukkan Usaha Mikro atau usaha dangan kualifikasi omzet dibawah Rp. 300jt sangan mendominasi yaitu 98,9%. Sedangkan Usaha Kecil dengan omzet Rp. 300jt – 2,5M hanya 1,2% dan Usaha Menengah yang beromzet Rp. 2,5M – 50M hanya 0,09 %.

Data diatas tentu jauh dari ideal. Untuk menjadi negara atau daerah maju idealnya Usaha Mikro 60 %, Usaha Kecil 35 % dan Usaha Menengah 4 % sementara usaha kelas atas yang omzet di atas 50M 1%.
Kondisi Kotim juga tentu tidak jauh dari angka statistik nasional diatas. Jargon memperhatikan UMKM hanya tinggal jargon. Untuk itu kedepan harus ada upaya untuk perombakan sistem kebijakan pengembangan UMKM, tidak hanya sekedar pendampingan dan jargon saja. Namun dengan pendekatan fasilitasi, partisipasi dan regulasi PANTAS akan menginisiasi UMKM Kotim bisa naik kelas.

Beberapa inovasi yang bisa dilakukan adalah kemudahan perijinan, Insentif Pajak, Akses modal dan agunan, Perubahan mindset berfikir, strategi managemen, marketplace yang menjadi ruang bagi UMKM menampilkan produk unggulannya, termasuk fasilitasi pameran-pameran baik skala lokal, nasional bahkan internasional.

Untuk optimalisasi itu semua tidak menutup kemungkinan dengan regulasi yang kuat dengan membuat Perda Pembinaan UMKM. Dengan potensi semberdaya yang ada pada Kotim, PANTAS yakin UMKM kita dapat naik kelas dan akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kotim. (Bk/zam/Djoe)

 1,179 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *