Utama  

Harga Kebutuhan Pokok Melonjak di Pasar Wisma Asri

Bekasi, BK – HARGA kebutuhan pokok di sejumlah pasar di Kota Bekasi mengalami kenaikan. Kenaikan terjadi pada harga bumbu dapur . ‘’Harga kebutuhan pokok naik, pada bumbu dapur seperti cabe, bawang dan lsinnya, ‘’ kata Saipul, pedagang Pasar Wisma Asri, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi.

Kenaikan terjadi akibat cabai mencapai 85 persen dari harga sebelumnya. Menurut sejumlah pedagang, naiknya harga terjadi sejak tiga hari lalu yaitu 31 Desember 2021. ‘’Pengaruh kenaikan cabai akibat musim hujan. Pedagang mengalami gagal panen akibat cuaca tidak mendukung. Harga cabai kecil mengalami kenaikan 85 persen dari harga Rp34.000 naik menjadi Rp70.000 perkilogram,” tutur Risma, pedagang lainya, Selasa (4/1/2022).

Menurut Risma, kenaikan terjadi akibat cuaca buruk. Para pedagang pun berharap, pemerintah bisa memulihkan harga cabai agar penjual tidak mengalami penurunan pembeli. Hanya saja, sampai sejauh ini stok cabai masih aman. Jika hujan terus terjadi tidak menutup kemungkinan cabai cepat meledak, hingga harga terus melonjak.
‘’Pihak pasar juga akan melibatkan kepolisian karena takut terjadinya permainan pasar yaitu penimbunan, ’’ ujar Ali, juga pedagang.

Tidak hanya cabai, sejumlah bumbu dapur juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi. ’’Kalau harga sembako semakin naik seperti ini kasihan para pedagang, pasti omzet penjualan menurun karena sepi pembeli, ’’ terangnya.
Pedagang lainnya, Santi, membenarkan sejumlah bahan kebutuhan pokok saat ini mulai merangkak naik. Meskipun, kenaikan harganya terjadi sedikit demi sedikit. ‘’Perkiraan mulai naik dikit – dikit seperti cabai, tomat dan banyak lagi. Perkembangan harga setiap hari kami pantau, kita laporkan dengan perbandingan harga minggu sebelumnya. Insyallah harga aman, ” lanjutnya.

‘’Biasanya kami punya kegiatan pasar murah setiap jelang nataru seperti saat ini untuk mengontrol kestabilan harga pasar. Namun, akibat pandemi covid – 19, dua tahun ini pasar murah ditiadakan. Misal, minyak goreng kemasan yang semula harga Rp35.000 per dua liter, kini naik menjadi Rp38.000. cabai naik dari Rp30.000 per kilogram, melonjak hingga Rp40.000 per kilogram, ” jelasnya.

Sementara harga bawang putih yang sebelumnya dijual Rp15.000 naik menjadi Rp20.000 dan bawang merah dari Rp15.000 per kilogram menjadi Rp30.000 per kilogram.
Perdagangan di dinas perindustrian dan perdagangan menyampaikan, kenaikan harga bahan pokok memang selalu terjadi saat momen nataru. Hal itu juga tak lepas dari peningkatkan daya beli masyarakat sehingga membuat penawaran harga di pasaran naik. Dia memperkirakan harga bahan pokok akan kembali normal setelah penggantian tahun. (BK/Nur Hasanah)

Penulis adalah Mahasiswa IBM Bekasi

 1,119 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *