Daerah  

In Memoriam, Yusran Rifai, SE Anggota DPRD OI Tiga Periode 

Alm. Yusran Rifai (kanan). (Foto: ist)

KABAR duka itu terdengar seperti “petir di siang bolong,” sangat mengagetkan semua orang yang mengenalnya. Ya sahabat, Yusran Rifai, SE (51 tahun) mantan Anggota DPRD Ogan Ilir 3 periode, dipanggil Yang Maha Kuasa, pada hari baik bulan baik, Jumat 13 Dzulhijah 1442 H/23 Juli 2021 sekitar pukul 11.50 Wib.

Informasi yang kami dapat, suami dari ibu Istifadah ini, meninggal di ruang ICU RS BARI Palembang, setelah sekitar dua pekan berjuang melawan Covid 19. Beberapa hari lalu, informasi yang beredar di kalangan KONI OI, kondisi Yusran mulai membaik setelah dia mendapat donor plasma convalesen A+. Tapi ternyata Allah SWT memanggilnya pulang keharibaan-NYA pada hari tasyrik terakhir, dan Jumat barokah.

Secara pribadi banyak kenangan yang baik bersama almarhum Yusran, maklum karena saya pernah 10 tahun (dua periode) bersamanya di DPRD OI 2004-2009 dan 2009-2014. Dewan yang saat itu masih relatif susah, karena Kabupaten OI dalam taraf awal perjuangan. Yusran masih lebih beruntung karena masih lanjut ke periode ketiga, 2014-2019, dan menikmati kantor baru di Tanjung Senai, dan juga dalam suasana DPRD yang secara financial jauh lebih baik.

Yusran akor dengan siapa saja koleganya, karena itu ia selalu dipercaya menjadi pimpinan komisi dewan. Orangnya santun, banyak senyum dan tawa, juga tidak suka berdebat yang tidak urgen dan hanya untuk menang-menanganl. Di partainya PPP OI, Yusran juga memegang jabatan strategis, pernah menjabat wakil ketua dan sekretaris cabang. Bahkan saat sebelum meninggal, ia di-gadang-gadang untuk duduk menjadi Ketua DPC PPP OI.

Pada Pemilu 2019, Yusran tidak terpilih untuk periode ke empat kalinya ( kalau masih terpilih ini sebuah rekor di OI). Ia pun ikhlas meninggalkan kursi yg selama 15 tahun, didudukinya itu. Kehidupan kesehariannya tetao enjoy. Ia bahkan lebih punya waktu untuk ikut mengelola, Sekolahan yang dikelola Yayasan Nurul Yaqin yang dipimpinnya. Yang berlokasi di Kelurahan Tanjung Batu Timur, tak jauh dari desanya Tanjung Atap Barat.

Dalam masa Pilkada OI 2020 lalu, Yusran aktif berjuang untuk memenangkan pasangan Panca Ardani, bahkan ia dipercaya sebagai Koordinator Tim Pemenangan Kecamatan (Korcam) Kecamatan Tanjung Batu. Usai tugas cukup berat itu, lbh lanjut karena ada momentum pengunduran diri Ketua Umum KONI OI, ia yang duduk sebagai Wakil Ketua V didaulat untuk menjadi PLT Ketua Umum, guna menyiapkan Musorda KONI OI periode 2021-2025. Tugas tersebut berkat suport dari kawan-kawan insan olahraga, dapat diselesaikannya dengan baik. Dan pada kepengurusan KONI empat tahun ini, Yusran Rifai yang lahir di Desa Tanjung Atap Kecamatan Tg Batu tersebut, dipercaya sebagai Sekretaris Umum KONI oleh ketua umum Aswan Mufti.

Selamat jalan kawan. Aku berani bersaksi bahwa dirimu adalah orang baik. Semoga almarhum Yusran Rifai mendapat tempat yang mulia disisi Allah SWT. Aamiin YRA.

Yusran dikebumikan di Komplek Sekolah Nurul Yaqin di Tanjung Batu, diantara oleh banyak masyarakat dan koleganya. (BK/Ica/djoe)

 870 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *