Refleksi Satu Tahun Duet Ben-Pil, Tercatat Berbagai Prestasi

TANGSEL BERITAKOTA.COM– Sudah setahun semenjak Benyamin dan Pilar Saga Ichsan (Ben-Pil) menjabat sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangsel. Dan, selama satu tahun ini, sudah banyak kebijakan dan prestasi yang berhasil diukir.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah Kota Tangsel Eki Herdiana, menjelaskan, beberapa kebijakan dan prestasi yang berhasil diraih oleh Wali Kota dan Wakilnya selama setahun ini dibagi menjadi beberapa sektor.

Misalnya, di Sektor Infrastruktur, Benyamin dan Pilar sudah meresmikan beberapa gedung operasional. Yaitu Gedung Islamic Center, Puskesmas Rawa Mekar Jaya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Tandon Lengkong Karya, Jaletreng River Park Dua dan Pasar Ciputat.

Untuk pembangunan Jalan Kota sepanjang enam kilometer, Jalan Lingkungan 165 kilo meter, Pembangunan Pedestraian 7067 meter, PJU sebanyak 2994 titik. Kemudian, Drainase Kota sepanjang 4469 meter. Turap Jalan sepanjang 2334 meter, Turap 3361 meter dan Kolam Retensi 5,4 hektar.

Sementara, di Bidang Inovasi Pelayanan Masyarakat, Benyamin dan Pilar membentuk kebijakan Administrasi Kependudukan (Kemudahan Pelayanan dengan Kerja sama Pengiriman Berkas dan Penjemputan Dokumen Dengan Layanan Ojek Daring).

”Kemudian, pembutan Ajungan Kartu Identitas Anak (KIA) Mandiri dan Ajungan Dukcapil Mandiri,” ujar Eki yang menambahkan bahwa Perizinan Online Melalui Layanan Daring atau Simponie.

Eki juga menambahkan, adanya Digitalisasi Penyelenggaraan Pemerintahan Melalui Fasilitas ASN serta Pembentukan Satgas Penanganan Masalah Perempuan dan anak tingkat Kota. Lalu, sebanyak 198 perbaikan rumah tidak layak huni menjadi layak huni juga berhasil direalisasi.

Sementara, Indeks Pembangunan Manusia di Kota Tangerang Selatan menjadi tertinggi di Banten, yaitu 81,60. Sementara, laju pertumbuhan ekonomi sebesar 4,77 persen dan kemampuan daya beli mencapai 15,75. Dengan harapan lama sekolah 14,66 tahun dan rata-rata sekolah 11,82 tahun.

Di Bidang Pendidikan, Eki menjelaskan, dalam masa satu tahun kepemimpinan Benyamin dan Pilar, berhasi melakukan Pembangunan tiga gedung Sekolah Dasar Negeri, yaitu SDN Pakujaya 2, SDN Pakulonan 2 dan SDN Ciater 2.

Adapun dalam satu tahun ini, penghargaan yang berhasil diperoleh oleh Tangsel adalah Penghargaan Pelayanan Prima DPMPTSP dari Kementerian PAN PB. Selanjutnya, Implementasi Program Smart City Kategori Smart Society Gerakan Menuju Smart City 2021 dari Kementerian
Kominfo RI.

Penganugrahan Badan Publik Tahun 2021 dalam Implementasi UU No 14 Tahun 2018 Tentang Keterbukaan Informasi Publik Kategori Pemerintah Kabupaten dan Kota Informatif dari Komisi Informasi Provinsi Banten.

Selanjutnya, Indonesia Award 2021 Kategori Public Service Mall Initiative dari KIP Banten bersama dengan Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Paritrana Award 2020 sebagai terbaik II Kategori Pemerintah Kabupaten dan Kota dari BPJS Ketenagakerjaan.

Selanjutnya Anugrah Parahita Ekapraya (APE)Kategori Utama Tahun 2020 Dalam mewujudkan kesetaran gender, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Lalu, Kategori Daerah yang Berkomitmen Tinggi dalam Pengelolaan Inovasi Administrasi Negara dar LAN. Serta terakhir Penghargaan ‘̤ Dukcapil Bisa ‘̤ dari Kementerian Dalam Negeri.(̤RLS/ZAL/zas)̤

 2,725 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *