Serial WeTV “Layangan Putus” Menjadi Trending di Twitter

Oleh Ayu Sandita Mumpuni

SERI web drama bertajuk Layangan Putus saat ini masih menjadi perbincangan hangat publik, bahkan menjadi trending topic di Twitter. Bukan hanya lantaran jalan ceritanya yang sangat menarik, namun juga karena alurnya diambil dari kisah nyata kehidupan seorang yang diduga penulis asli Layangan Putus yang bernama Eca Prasetya.
Layangan Putus berawal dari curhatan di ruang sosial media Facebook dan sempat viral hingga akhirnya diterbitkan menjadi sebuah buku. Dalam serial itu menceritakan Reza Rahadian yang berperan sebagai Aris menduakan istrinya Putri Marino sebagai Kinan dengan seorang perempuan bernama Lidya yang diperankan oleh Anya Geraldine. Adu akting ketiganya sukses membuat perasaan penonton campur aduk.

Pada episode pertama mrnceritakan Aris dan Kinan mulanya merupakan pasangan bahagia. Mereka mengadakan acara tujuh bulanan. Namun, seorang wanita yang merupakan rekan kerja Aris dan teman Kinan, sesama orang tua murid di sekolah yakni Miranda tidak hanya hadir sebagai tamu acara mereka, tapi seolah hadir di rumah tangga mereka. Suatu saat, Aris meminta izin pada Kinan untuk pergi ke Bandung bersama teman-teman kerjanya. Aris berencana booking hotel untuk finalisasi proposal. Namun, Aris ternyata berbohong. Kebohongan Aris mulai tercium dari aroma parfum wanita yang menempel pada bajunya hingga puncaknya, Kinan menemukan anting-anting yang persis dimiliki Miranda. Dalam trailer episode satu, Kinan akhirnya membuntuti Miranda sampai kamar hotel.

Namun, sosok yang dicurigai ternyata bukanlah Miranda. Aris pun ternyata pergi menemui perempuan bernama Lydia. Di episode kedua, anting-anting yang ditemukan di saku Aris rupanya hadiah untuk Lydia, bukan milik Miranda. Aris seketika panik dan cepat-cepat mengubah situasi seolah anting tersebut adalah hadiah untuk Kinan. Di kesempatan berbeda, Miranda menuding Aris selingkuh lantaran Kinan membuntuti Miranda hingga kamar hotel. Namun, Aris tak menjawabnya. Tak sampai situ, di episode ini Kinan dan Lydia tak sengaja bertemu. Kala itu, Aris dan Kinan sedang pergi ke mal guna membeli kado untuk sahabatnya. Tanpa sengaja, Lydia, Kinan, dan Aris bertemu dalam sebuah toko perhiasan. Dan Kinan pun masih belum mengetahui bahwa Lidya adalah selingkuhan Aris.

Pada episode 4A dan 4B, firasat Kinan semakin hari semakin yakin kalau Aris menyembunyikan sesuatu. Miranda, rekan kerja Aris telah mengetahui perselingkuhan antara Aris dengan perempuan muda. Ternyata, perempuan itu adalah seorang psikolog anak yang menangani putranya. Kinan semakin gelisah, ia pun masih ragu untu menceritakan semua kepada para sahabatnya. Meski demikian, para sahabatnya memiliki firasat tidak enak dengan kondisi rumah tangga sahabatnya itu. Hingga pada akhirnya, Kinan meminta bantuan pada salah satu sahabatnya untuk mencari bukti tentang Aris. Dan setelah mengetahui itu semua, Kinan merasa marah dan kecewa. Kinan mengetahui jika Aris berlibur ke Cappadocia bersama Lidya. Di salah satu scene, Kinan mengatakan bahwa berkunjung ke Cappadocia adalah mimpinya. “Kamu bawa dia ke Cappadocia, it’s my dream, not her my dream, Mas.” sergahnya. Adegan tersebut pun menjadi pusat perhatian warganet dan akhirnya trending di Twitter. Tak sedikit pula yang menjadikannya sebagai lelucon/meme.

Begitu populernya cerita tersebut, sampai akhirnya ketika dibuat serial, banyak orang ikut merasa iba karena menduga cerita Eca Prasetya sama seperti karakter Kinan di serial itu. Akibatnya, kini banyak beredar di media sosial seperti TikTok, yang berusaha mengungkap sosok Lydia di dunia nyata, foto-foto anak dan mantan suaminya. Eca yang tak memiliki akun TikTok baru mengetahui hal tersebut dan berpesan agar tak lagi membuka masa lalu. Dalam unggahannya tersebut, Eca juga menegaskan sekali lagi, serial Layangan Putus bukan ditulis olehnya. Serial itu hanya terinspirasi atau diadaptasi dari tulisannya. “Cerita saat ini yang sedang tayang, bukanlah tulisan saya, namun hanya diadaptasi atau terinspirasi,” ujarnya. (Penulis adalah Mahasiswa Unisma Bekasi?

 1,353 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *