Kembangkan Usaha UMKM Lewat Tokko, Ini Untungnya!

Jakarta – Para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), khususnya yang berdomisili di wilayah Jawa Barat kini semakin memiliki kesempatan besar dalam melakukan pengembangan usahanya melalui jalur digital.

Tokko yang menjadi platform digital, teman setia pelaku UMKM kini hadir untuk membantu UMKM mengelola manajemen usaha mereka secara digital sehingga proses pemasaran menjadi lebih luas.

“Aplikasi Tokko memang sengaja dirancang untuk memudahkan pedagang untuk membangun bisnis online mereka. Kami membukakan akses ke konsumen sehingga pedagang jauh lebih mudah meningkatkan jumlah pelanggan dengan lebih cepat,” sebut Lorenzo Peracchione, Founder & CEO Tokko.

“Kami mengajak para pelaku UMKM mengambil kesempatan ini untuk mengembangkan bisnis di platform digital melalui aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store,” lanjutnya.

Rata-rata permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM saat berusaha masuk ke platform e-commerce hanya sebatas pada aktivitas pajang foto produk saja.

Jarang sekali yang berusaha untuk membangun bisnis jangka panjang yang berbasis pelanggan.

“Berjualan di e-commerce mirip seperti berjualan di pujasera, semua toko terlihat serupa dengan menu yang hampir sama. Kalau ada satu menu yang kemahalan, maka pelanggan akan pindah ke lapak dengan harga lebih murah,” tutur Bobby Silalahi, VP Community Tokko.

Bergabung bersama di aplikasi Tokko, pelaku UMKM bisa membuat website resmi sendiri hanya lewat smartphone. Dengan punya website resmi sendiri identitas brand pelaku UMKM akan terjaga.

Beda kalau jualan di e-commerce atau marketplace yang hampir tidak memperhatikan branding.

“Lalu yang paling penting, setelah memiliki website resmi, kita akan membangun hubungan yang terus-menerus dengan pelanggan. Dengan Tokko ada fitur daftar pelanggan yang memudahkan kamu menghubungi pelanggan setia kamu,” terang Radix Juniardi Hidayat, Lead Product Manager Tokko.

Apalagi Tokko juga sudah terintegrasi dengan berbagai macam opsi pengiriman baik regular, ekspres, same day, sampai instan yang disediakan oleh partner logistik mereka.

Salah satu fitur terbaru dari Tokko yang tidak ada di platform lainnya adalah para pelaku bisa mengelola iklan online yang sudah terintegrasi dalam platform Tokko seperti iklan Facebook, Instagram, dan Google untuk menjangkau pelanggan baru.

Tokko juga memberikan bimbingan serta pelatihan branding yang kuat dengan menggandeng Kaya ID selaku inkubator bisnis.

Menurut Nita Kartika Sari, CEO Kaya ID, memiliki toko online resmi menjadi kunci menuju kesuksesan, “Karena dengan menggunakan fitur di dalam Tokko, kita bisa tahu konsumen kita kesukaannya apa saja, produk yang paling disukai apa saja, semua data konsumen kita ketahui. Selain biaya platform yang dikenakan di Tokko memang tidak semahal e-commerce atau marketplace lainnya,” pungkasnya.

Ayo para pelaku UMKM, manfaatkan Tokko sebagai platform digital sahabat bisnis Anda! (BK/Andini)

 793 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *