Covid-19 Omicron: Dilematika Guru Antara Tugas, Dedikasi, dan Berkarya

Bagian 4

Penulis: Yoni Haris Setiawan
(Direktur QM Lembaga TEMALI/Penggagas Rumah Bimbel Literasi Indonesia QURUTA)

TAHUN BERGANTI, waktu terus melaju, sementara ada yang hilang, datang, dan menggantikan. Sontak diakhir tahun 2021 dikejutkan dengan datangnya varian baru virus OMICRON, sedangkan Covid-19 saja masih belum terselesaikan penanggulangannya. Bagaimana guru menghadapi kondisi ini dalam menjalankan aktifitasnya?

Dalam UU  14/2005 menyatakan bahwa, Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Salah satu kewajiban guru yang tercantum dalam Pasal 20 yaitu, Merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran; Meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Adapun Pasal 14 menjelaskan Hak guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan diantaranya, Mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi kerja; Memperoleh perlindungan dalam melaksanakan tugas dan hak atas kekayaan intelektual; Memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi; Memperoleh dan memanfaatkan sarana dan prasarana pembelajaran untuk menunjang kelancaran tugas keprofesionalan; Memperoleh pelatihan dan pengembangan. profesi dalam bidangnya.

Lembaga/Organisasi Dalam Menerapkan Kebijakan Pemerintah

Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (DPD AGPAII) Kab. Purwakarta yang dipimpin Hj. Lulu Makiyah, S.Ag., M.Pd.I. menggandeng/berkolaborasi dengan Quruta Management Lembaga TEMALI dalam menyambut kebijakan Pemerintah, salah satunya yaitu Hak guru untuk Memperoleh perlindungan dalam melaksanakan tugas dan hak atas kekayaan intelektual; Memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi; dan Memperoleh pelatihan dan pengembangan. profesi dalam bidangnya.

Secara nyata DPD AGPAII dan QM Lembaga TEMALI telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan dan Lokakarya (PENTALOKNAS) Literasi Publikasi Karya Ilmiah dan Karya Inovatif yang diikuti para Guru PAI, Kepala Sekolah, Pengawas PAI , Mahasiswa, dan Masyarakat Pembelajar dari Kab. Purwakarta, Kab. Cianjur, Kab. Bogor, Kab. Kuningan, Kota Palembang (Sumsel), dan Kab. Siak (Riau).

Adalah Ati Haryati Najah (pernah mengajar di RA. Jihadul Akbar Cipeundeuy, Kab. Subang pada tahun 2012-2018), dan kini menjadi Masyarakat Pembelajar dalam menggiatkan Literasi, yang bertempat tinggal di Purwakarta-Jawa Barat. Ia telah menjalankan rangkaian proses Kelas Belajar Menulis Tuntas Literasi Karya Inovatif (Literaktif) berbasis Produk melalui daring/online. Berikut hasil penuangan ide, imajinasi, olah rasa, olah jiwa, olah hati Literaktif Ati Haryati Najah yang dapat dinikmati!

(1) IBUKU SAYANG
Ibuku…Sayangku!!!/Merintih hati ini saat mengenang/Rapuh jiwa ini saat Ku tak mampu bahagiakan/Meronta, merintih inginkan wujud hadir disini/Maafkan kelalaian Ananda.

Ibuku… Sayangku!!!/Segala jasa akan selalu Kukenang/Untaian doa menuntun jalanku menuju kemenangan/Isak tangis Ibu dalam setiap keheningan/Mengantarkanku menuju kegemilangan.

Ibuku… Sayangku!!!/Selalu bertahta dalam dada/Meskipun Ibu tak selamanya di dunia/Hangatnya senyuman selalu Kurasa/Beristirahatlah Ibu dengan tenang.

Purwakarta, 26 September 2021; 20:30 WIB.
Di kesunyian malam
***0***

(2) GURUKU
Guruku…!!!/Senyum tulus merekah menghiasi setiap pagiku/Nasihat menerangi setiap langkahku/Tutur kata menjadi pedoman dalam hidupku/Akhlak begitu indah menghiasi sanubariku.

Guruku…!!!/Meski lelah dan payah mengajari Aku/Tak pernah henti membakar semangat diri/Demi anak didik tumbuh menjadi generasi Qur’ani/Wujudkan setiap mimpi-mimpi ini.

Guruku…!!!/Betapa luas samudera maaf/Meski sering Ku tak peduli/Namun Guruku tetap memaafkan dan mendo’akan Aku/Guruku teladan hidupku.

Rabu, 06 Oktober 2021; 08:30 WIB.
Perum Kota Permata, Jl. Ruby 1 Blok D RT 09/RW 0,7
Desa Ciwareng Babakancikao,Purwakarta-Jawa Bara,t
***0***

(3) NUR AKHLAQ RASULULLAH
Semilir angin menggoyangkan bunga yang bermekaran/Daun-daun berjatuhan tanda penghormatan/Burung-burung riang berkicauan/Alam semesta pun memancarkan sinar yang berkilauan.

Nur akhlaq Rasulullah menyinari zaman kegelapan/Suri tauladan Baginda Rasul membawa ke zaman yang terang benderang/Patung berhala musnah tak dapat lagi diharapkan/Kini, seluruh manusia menyembah Tuhan.

Ya, Rasulullah!/Teladan kami/Pembimbing kami menuju jalan Ilahi/Menjauhkan diri dan keluarga dari panasnya api neraka/Menuju tempat peristirahatan yang abadi di Surga Firdausi.

Kamis, 28 oktober 2021; 14:45 WIB.
Perum Kota Permata, Jl. Ruby 1 Blok D RT09/RW 07,
Desa Ciwareng Babakancikao, Purwakarta-Jawa Barat,
***0***

(4) BARISAN 10 NOVEMBER
Suara perjuangan terdengar jelas di setiap sudut kota /Membangkitkan semangat juang para Pahlawan bangsa/Membakar api jihad perjuangan mempertahankan negara/Berbekal senjata dan tekad para Pemuda.

Barisan 10 November 1945 kian membara/Saat para penjajah mengibarkan bendera Belanda /Penduduk Surabaya merasa terhina/Diturunkan dan segera dikibarkan bendera Indonesia.

Rentetan peluru tak lagi dapat dihindarkan/Tak ada pilihan selain mempertahankan/Tumpah darah para Pahlawan dikorbankan /Demi Sang Saka Merah Putih selalu dikibarkan.

Bertahan dalam kelaparan demi kemerdekaan/Kobaran api kian menjalar menghanguskan Bumi Surabaya/Memukul mundur pasukan musuh dengan penuh ketakutan/Kemenangan dikumandangkan/ Indonesia Raya merdeka!!!

Kamis, 4 November 2021; 10:15 WIB.
Perum Kota Permata Jl. Ruby 1 Blok D RT 09/RW 07,
Desa Ciwareng Babakancikao, Purwakarta-Jawa Barat,
***0***

(5) MEMUJI ASMA-MU
Ya, Allah… Ya Al-Rahmaan… Ya, Al-Rahiim/Dengan kasih sayang-Mu tercipta keindahan di alam semesta/Burung-burung bebas berterbangan/Bunga-bunga tumbuh bermekaran/Hewan-hewan hidup berdampingan/Semesta pun riang turut memuji aAma-Mu.

Ya, Al-Malikal Mulki…, Ya, Al-Quddus… Ya, As-Salam/Kerajaan-Mu meliputi langit dan bumi/Singgasana-Mu suci dan abadi/Kesejahteraan senantiasa terlimpahkan/Bagi hamba-Mu yang beriman.

Ya, Al-Mumin.. Ya, Al-Muhaimin/Sungguh indah mutiara yang tertanam dalam hati/Terlukis indah dalam akhlaq mumin sejati/Hadirnya selalu dirindui/Tutur katanya senantiasa terpelihara /Terpatri dalam hati sanubari.

Luas Asma-Mu meliputi langit dan bumi/Penciptaan-Mu indah tiada terkira/Membuat nyaman dan tentram penghuninya/Semesta pun bertasbih memuji Asma-Mu.

Kamis, 4 November 2021; 16:00 WIB.
Perum Kota Permata, Jl. Ruby 1 Blok D RT 09/RW 07,
Desa Ciwareng Babakancikao, PurwakartaJawa Barat
***0***

(6) KEIMANAN DI AKHIR ZAMAN
Hari demi hari pergi tanpa permisi/Waktu berlalu sangat cepat tanpa maaf/Kesenjangan demi kesenjangan tak lagi dihiraukan/Rasa malu pun kian memudar terseret zaman.

Lika-liku perjuangan kian berat dirasakan/Muda-mudi hilir mudik bebas berpegangan tangan/Nasihat orangtua tak lagi didengarkan/Budaya barat menjadi pegangan.

Sungguh berat memegang keimanan di akhir zaman/Manusia kian menjauh melupakan Tuhan/Media Sosial lebih muda-mudi banggakan/Al-Quran yang mulia perlahan ditinggalkan.

Tak mudah mempertahankan keimanan di akhir zaman/Facebook, WhatsApp, Instagram menjadi saingan Al-Qur’an/Muda-mudi lupa akan datangnya hari kebangkitan/Tak ada teman, saudara,handai taulan yang membela selain Al-Qur’an.

Ya, Rabbanaa… Ya, Kariim…/Sungguh kami telah mendzolimi diri kami sendiri/Tak mampu kaki melangkah tanpa bimbingan dari-Mu/Kuatkan keimanan di akhir zaman/Agar Aku tetap menjadi hamba yang pantas Rabbi utamakan.

Jumat, 19 November 2021; 16:50 WIB.
Perum Kota Permata Jl. Ruby 1 Rt 09/ Rw 07,
Desa Ciwareng Babakancikao, Purwakarta-Jawa Barat
***0***

(7) CAHAYA WUDHU
Kaum Hawa masa kini begitu menarik/Berlomba memperindah wajah agar nampak cantik/Browsing sana- sini mencari produk kosmetik/Mencari perhatian Kaum Adam agar dapat dilirik.

Tak sadar ajaran Islam mengajarkan tentang bersuci/Tak hanya cantik namun juga wajah berseri-seri/Setiap orang terpesona dengan kecantikan dari dalam hati/Putih bersih bercahaya idaman para Kaum Hawa sejati.

Pancaran sinar cahaya wudhu menemani setiap hari/Menjaga diri Muslimah sejati/Wajahnya teduh membuat nyaman dihati/Hatinya selalu dekat dengan Ilahi Rabbi.

Cahaya wudhu akan melekat pada orang yang mau mendawamkan/Akhlaq terpelihara wajah rupawan kian mempesona/Mari kita laksanakan ketentuan Islam yang diajarkan/Agar ketenangan kian menyapa hidup pun bahagia.

Sabtu, 20 November 2021; 05:40 WIB.
Perum Kota Permata Jl. Ruby 1 RT 09/RW 07,
Desa Ciwareng Babakancikao, Purwakarta-Jawa Barat
***0**

(8) KEIMANAN BILAL
Bertutur cinta dalam jiwa /Terpatri dalam hati sanubari/Satu cinta untuk Ilahi Rabbi/Bersemayam hingga ajal pergi tak kembali.

Di bawah terik matahari Bilal di siksa/Batu besar yang menghujam dalam raga/Tak sedikit pun menggoyahkan iman dalam dada/Ahad, Ahad, Ahad yang senantiasa terucap.

Kokohnya keimanan Bilal/Menjadi teladan bagi umat Islam/Tertulis dalam sejarah sepanjang zaman/Namanya dikenang dan diabadaikan.

Sanggupkah diri ini menjaga iman/Seperti yang di contohkan Bilal/Terlalu naif diri ini/Mudah rapuh dan goyah.
Ku mohonkan pertolongan-Mu, Ya… Robbi/Agar selalu dijaga hati ini/Hingga ajal menjemput nanti/Keimananku tetap dihati.

Jumat, 3 Desember 2021
Perum Kota Permata, Jl. Ruby 1, RT 09/RW 07,
Desa Ciwareng Babakancikao, Purwakarta-Jawa Barat
***0***

(9) PEMBERSIH DIRI
Terlena saat diri bergelimang harta/Menikmati semua kekayaan yang ada/Seakan dunia milik dirinya saja/Saudara kekurangan tak mengapa.

Islam pun datang untuk mengajarkan/Mengamalkan zakat bagi orang beriman/Pembersih diri saat zakat dikeluarkan/Kesenjangan pun tak lagi dirasakan.

Betapa riang hati saat mendapat bagian/Tiada perlu takut tak dapat makan/Karena Islam telah memberikan bagian/Bagi orang yang memerlukan.

Indahnya saat diri mampu memberi/Nikmat hidup terasa Lllah berarti/Dengan sesama saling menyayangi/Menjadi hamba yang dicintai.

Jumat, 3 Desember 2021
Perum Kota Permata, Jl. Ruby 1, RT 09/RW 07,
Desa Ciwareng Babakancikao, Purwakarta-Jawa Barat
***0***

(10) BERJUANG UNTUK ILMU
Tiba masanya kita terpisah untuk sementara/Waktu terus melaju tanpa kata/Kini kita pun sibuk mempersiapkan semua/Namun goncangan hati pun terus bertanya-tanya.

Siapkah dirimu?/Siapkah diriku?/Kita akan terpisah antara ruang dan waktu/Dimana engkau harus berjuang untuk ilmu/Do’a tulusku akan selalu menyertai setiap langkahmu.

Duhai… para pejuang ilmu!/Kurelakan engkau untuk berjuang/Demi kebangkitan Islam yang gemilang/Tercapai semua impian di masa datang.

Kuatkan hati dan semangat dalam diri/Demi mencapai ilmu penuntun akhlaq diri/Memberi teladan cerminan akhlaq terpuji/Menjadi diri yang di cintai dan diridhoi.

Jumat, 3 Desember 2021
Perum Kota Permata, Jl. Ruby 1, RT 09/RW 07,
Desa Ciwareng Babakancikao, Purwakarta-Jawa Barat
***0***

Pemanfaatan Media Digitalisasi Untuk Kembangkan Kompotensi

Era revolusi teknologi semakin gencar dan pesat, bila tertinggal akan tergilas. Kesempatan ini sangat perlu direngkuh dan adaptif terhadap perubahan. Tidak boleh alergi, untuk membangkitkan dan menumbuhkan literasi karya inovatif (Literaktif). Ruang itupun terbuka seluas-luasnya untuk mengapresiasi dan mempublikasikan karya para Guru utamanya Guru PAI yang banyak tertinggal.

Dalam penulisan karya literasi, tema-tema dan subtema yang disajikan diselaraskan dengan KI/KD Mapel PAI dan Tematik Kurikulum 2013 yang diejawantahkan melalui rangkaian diksi dan kalimat yang apik dan berkarakter. Tema-tema yang terdapat dalam aspek Alquran, Aqidah, Akhlak, Fiqih dan SPI, seperti hormat kepada orangtua, guru, al-Asmaul Husna, Nabi dan Rasul, keteladanan, patriotisme atau kepahlawanan dan lain sebagainya.

Selain peran peserta didik dalam mengaplikasikan kegiatan pembelajaran, peran guru juga tidak lepas mengaplikasikan kegiatan mengeksplorasi, mengelaborasi dan mengkonfirmasi saat mengadakan proses belajar mengajar, apapun kurikulum yang digunakan. Untuk bergerak bersama secara nyata meningkatkan profesionalitas, kompetensi dan kualitas serta menjadi solusi dalam menemukan/menciptakan karya seni (jenis karya seni sastra; puisi) untuk memenuhi angka kredit.

Karya Inovatif sering diabaikan beberapa pihak termasuk Penilai Angka Kredit, Guru dan Pengawas. Kecenderungan pemahaman saat ini, bahwa hanya Publikasi Karya Ilmiah (PTK, Jurnal, Artikel, dll) yang dapat dijadikan PAK. Namun apabila dibedah lebih mendalam, teliti dan detail sesungguhnya Karya Inovatif dapat memenuhi PAK melalui hasil literasi berbasis produk baik yang diterbitkan atau dipublikasikan media massa maupun buku.

Peraturan Menteri yang terkait dengan Angka Kredit dalam menemukan/menciptakan karya seni (jenis karya seni sastra; puisi) telah mengatur bahwa untuk satu judul buku kumpulan Puisi memiliki nilai kriteria kategori sederhana nilai 2 (dua, 20 judul puisi). Sedangkan kategori kompleks memiliki nilai 4 (empat. 40 judul puisi) diterbitkan media masa kab/provinsi ber-ISBN atau yang diterbitkan media massa nasional ber-ISSN dan diedarkan secara luas.

Barangkali secara bersama-sama, saatnya Guru, Pengawas PAI, Kepala Sekolah serta organisasi profesi PAI mempelopori untuk membangkitkan, menumbuhkembangkan, menggiatkan, bergerak dalam meningkatkan Literaktif baik untuk peserta didik, sesama guru, dan komponen masyarakat lainnya. Profesionalitas Guru PAI sangat berperan dalam mewujudkannya. [*]

Wallahu alam bish-shawab
#Salam Literasi; Indonesia_Berkarya!!!
#Salam Guru Literat; Semangat_Hebat_Literat!!!

Bersambung.

 1,670 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *