Utama  

Hasil Quick Count Prabowo-Gibran 59.07 Persen, Ganjar: Kamu Percaya Ngak Suara saya Segitu?

JAKARTA, BERITAKOTA.COM- Calon Presiden (Capres) nomo urut 3, Ganjar Pranowo, angkat bicara dengan santai hasil quick count Pilpres 2024. Ganjar tampak dikerumuni oleh awak media yang meminta dia buka suara mengenai hasil hitung cepat oleh sejumlah lembaga.

Ketika ditanya awak media, mantan Gubernur Jawa Tengah itu meminta masyarakat untuk menunggu saja hasil Pilpres 2024.

“Sekarang lagi diakumulasikan,” kata Ganjar kepada para wartawan di Posko Pemenangan di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024), dikutip dari tayangan Kompas TV, Rabu, (14/2/2024).

“Maka kita tunggu saja,” ujarnya menambahkan.

Kemudian, Ganjar bertanya kepada wartawan mengenai jumlah suara yang diraihnya menurut quick count.

“Kamu percaya nggak suara saya segitu,” ucap pria berambut putih itu sambil tersenyum.

Setelah itu, Ganjar langsung berjalan dan masuk ke dalam mobil hitam yang telah menunggunya.

Berdasarkan hasil quick count Litbang Kompas pada Rabu (14/2/2024) per pukul 16.40 WIB, paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, unggul jauh atas paslon nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Prabowo-Gibran meraih suara sebesar 59,07 persen. Di posisi kedua ada Anies-Cak Imin, dan posisi terakhir ditempati Ganjar-Mahfud. Adapun data suara masuk versi Litbang Kompas hingga pukul sebanyak 70,09 persen.

Berikut perolehan suara ketiga paslon menurut quick count Litbang Kompas, Prabowo-Gibran: 59,07 persen, Anies-Cak Imin: 24,44 persen, dan Ganjar-Mahfud: 16,37 persen

Peneliti Litbang Kompas bernama Yohan Wahyu mengatakan Prabowo-Gibran unggul atas dua pesaingnya. Sebanyak 2.000 tempat pemungutan suara (TPS) sampling random Litbang Kompas, sudah ada sebanyak 49 persen suara yang masuk, tepatnya pukul 15.36 WIB.

“Pasangan nomor urut 1 Anies-Muhaimin memeroleh 22,70 persen, nomor urut 2 Prabowo-Gibran 59,89 persen, nomor urut 3 Ganjar-Mahfud 17,35 persen jadi sudah hampir 50 persen sample TPS masuk,” kata Yohan, Jakarta, Rabu (14/2/2024).

Kata dia, hasil quick count bisa dirilis dua jam setelah TPS tutup pukul 13.00 WIB. Per pukul 15.01 WIB, sudah ada 40 persen suara yang sudah tercatat oleh Litbang Kompas.

Pada pukul 15.01 WIB, pusat data Litbang Kompas mencatat ada 40 persen suara yang sudah masuk.

“Kalau dari 40 persen masuk memang masih data sementara tapi secara postur atau pola tidak akan jauh berubah banyak,” kata Yohan.

Berdasarkan data itu, kata dia, kemungkinan pilpres satu putaran terbuka lebar kendati ini baru hasil quick count atau bukan hasil resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Muhammadiyah Berharap Pemilu Berjalan Damai

Sementara itu, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti memberikan hak pilihnya dalam Pemilu 2024 di Pamulang, Tangerang Selatan. Dia bersyukur bisa mengikuti pesta demokrasi ini dengan lancar.

“Alhamdulillah hari ini saya bersama keluarga telah memberikan suara di TPS 74 Kelurahan Pondok Cabe Hilir, Pamulang, Tangerang Selatan,” kata Mu’ti.

Mu’ti mengatakan pemilihan berjalan lancar meskipun harus menunggu lama. Warga tetap antusias untuk menyalurkan hak pilihnya.

“Proses pemilihan berjalan lancar walaupun harus menunggu cukup lama, dari mendaftar sampai dipanggil sekitar 1,5 jam, tapi alhamdulillah warga tetap mengikuti dengan semangat,” ujar Mu’ti.

Dia berharap Pemilu 2024 berlangsung damai dan lancar. Selain itu, Pemilu 2024 juga diharapkan dapat menghasilkan pemimpin yang terbaik.

“Mudah-mudahan Pemilu berlangsung secara damai dan lancar dan menghasilkan pemimpin yang terbaik, Presiden RI, kemudian juga anggota legislatif di tingkat pusat dan provinsi, kabupaten, kota,” ujar Mu’ti. (Ralian/dbs)

 491 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *