Utama  

Amankan Pemilu 2024, 691 Personel Satpol PP Dikerahkan

JAKARTA, BERITAKOTA.COM – Jelang digelarnya Pemilu 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur (JakTim) kerahkan ratusan personel Satpol Pamong Praja (PP) yang akan disebar ke seluruh wilayah Rukun Warga (RW) untuk memonitoring tempat pemungutan suara (TPS).

Untuk mengamankan Pemilu 2024, Satpol PP Jaktim akan kerahkan Satpol PP 691 Personel Monitoring 691 TPS untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu yang berlansung serentak pada 14 Februari 2024.

Kasatpol PP Jaktim Budhy Novian mengungkapkan ratusan personel tersebut terdiri dari TNI dan Polri, Pamsung (Pengamanan langsung), Bawaslu, dan unsur masyarakat.

“Dari 691 personel ini nantinya akan ditugaskan di setiap RW satu orang,” ujar Budhy dalam keterangannya kepasa wartawan, Senin (12/2/2024).

Selaian memonitoring TPS, para petugas juga akan dikerahkan untuk bersiaga di 10 kantor kecamatan.

Dia mengatakan, di setiap kecamatan akan disiagakan sebanyak 5 personel, kemudian di setiap gudang logistik 10 kecamatan juga tempatkan masing-masing lima orang.

Budhy juga menambahkan akan menyiapkan para petugas gabungan untuk menyiapkan tim khusus penindak yang dibagi menjadi tiga sektor.

Tiga sektor di antaranya sektor utara yang meliputi wilayah Kecamatan Matraman, Pulogadung, Matraman dan Cakung.

Selanjutnya, sektor tengah meliputi Kecamatan Jatinegara, Kramat Jati dan Suren Sawit.

Terakhir yakni sektor selatan meliputi Kecamatan Makasar, Ciracas, Pasar Rebo dan Cipayung.

Tim khusus ini akan beroperasi menggunakan motor tril, mobil kendaraan operasional (KDO) dan mobil kerangkeng Satpol PP. Mereka akan berjaga atau standby di Kecamatan Pulogadung, Jatinegara, dan Makasar.

Pengamanan akan dimulai saat hari pemungutan suara hingga dua hari setelahnya.

“Pengamanan ini akan dimulai tanggal 14-16 Februari. Namun ini bisa diperpanjang maksimal dua minggu jika belum kelar proses penghitungan suaranya,” jelas Budhy.

Sebelumnya diberitakan, Wakapolres Metro Jakarta Timur AKBP Burhanuddin mengungkapkan pihaknya akan mengerahkan sebanyak 1.724 personel gabungan dalam pengamanan Pemilu 2024.

Para personel tersebut ditugaskan membantu penurunan APK, penjagaan logistik Pemilu hingga melaksanakan pengamanan di TPS hingga pemungutan suara telah selesai.

Burhanuddin berharap pelaksanaan Pemilu 2024 berjalanan dengan aman dan lancar tampa adanya hambatan.

“Kita harapkan pelaksanaan Pemilu berjalan aman, lancar, tanpa ada gangguan,” pungkasnya.(Ralian)

 267 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *