Nico Soroti Administrasi di Disdukcapil

Kota Bekasi – Anggota Komisi 1 DPRD Kota Bekasi Nicodemus Godjang menyoroti permasalahan klasik mengenai administrasi kependudukan yang masih ditemukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Salah satunya, ungkap Nico seperti masih saja terjadinya offline pelayanan publik dalam hal pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

“Pemerintah Kota Bekasi dalam hal ini Disdukcapil harus terus berbenah. Meningkatkan semua jenis pelayanan. Khususnya yang bersentuhan dengan masyarakat. Misalnya, berkaitan administrasi kependudukan. Harus bisa dipercepat. Tidak memakan waktu lama,” kata Nico saat dihubungi, Kamis (5/8).

Ia menambahkan keberadaan pemerintah daerah dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat sudah semestinya dilakukan. Sebab, banyak warga yang masih mengeluhkan pelayanan adminduk.

“Ada masyarakat yang ingin membuat E-KTP jaringannya sedang offline sampai berhari-hari. Hal seperti ini harus dibenahi kenapa bisa sampai offline berhari-hari. Harus bisa dibuatkan solusinya,” tegas Nico.

Ia juga menilai pelayanan aplikasi E-Open belum maksimal. Pasalnya tidak semua warga Kota Bekasi yang bisa mengunduh aplikasi tersebut. E-Open sendiri baru hanya bisa diunduh lewat play store.

“Harusnya tetap dibuatkan pelayanan hybrid, ada yang bisa datang langsung ke kantor kecamatan untuk perekaman dan ada yang mendaftar lewat aplikasi E-Open. Itu juga (E-Open) cuma bisa di unduh lewat play store, bagaimana yang gadgetnya bukan android atau bagaimana kalau ada warga yang memang tidak punya gadget sama sekali. Ini harus segera dievaluasi oleh dinas terkait,” pungkas Nico. (BK/Zas)

 615 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *