Windy Sumbang Medali Pertama Indonesia dari Angkat Besi di Olimpiade Tokyo 2020

MEDALI PERTAMA: Windy Cantika Aisah, atlet angkat besi yang mempersembahkan medali pertama untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo. (foto: Ist)

TOKYO – Windy Cantika Aisah cabang angkat besi putri, menjadi atlet Indonesia pertama yang berhasil meraih medali di Olimpiade Tokyo 2020.

Turun di kelas 49 kg putri, Windy Cantika Aisah sukses meraih medali perunggu, Sabtu (24/7/2021) siang WIB. Windy berhak mendapatkan medali perunggu setelah menempati peringkat ketiga dengan total angkatan 194 kg.

Total angkatan snatch terbaik Windy Cantika Aisah adalah 84 kg yang didapat pada kesempatan kedua. Adapun total angkatan clean & jerk terbaik Windy Cantika adalah 110 kg yang didapat pada kesempatan ketiga.

Windy Cantika menempati peringkat ketiga tepat di bawah Hoi Zhihui (China) dan Chanu Mirabai (India). Hoi Zhihui berhak mendapat medali emas angkat besi putri kelas 49 kg dengan total angkatan terbaiknya adalah 210 kg. Sementara Chanu Mirabai meraih medali perak dengan total angkatan terbaiknya adalah 202 kg.

Angkatan total Windy di Tokyo 2020 seberat 194 kg ini merupakan peningkatan besar dari event Kejuaraan Asia yang berlangsung di Tashkent, Uzbekistan, pada medio April 2021.

Saat itu, ia mengangkat total berat 189 kg dan berkat keberhasilan tersebut, Windy berhak mendapatkan satu tiket ke Olimpiade Tokyo ini. Windy yang saat ini berusia 19 tahun, juga merupakan pemenang medali emas pada SEA Games 2019. (BK/djoe)

 798 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *