Daerah  

KH. Muslih Qori Ulama Kharismatik Ogan Ilir Wafat

KH. MUSLIH QORI (kiri). (Foto: Istimewa)

Palembang – KABAR duka itu viral di media sosial, yang menginformasikan bahwa ulama kondang di Kab. Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan (Sumsel), KH. MUSLIH QORI, telah berpulang ke Rahmatullah, Selasa, 8 Juni 2021 sekitar pukul 20.30 malam. Ia meninggal karena sakit, dalam usia 64 tahun.

Walau sudah tahu kalau Beliau memang menderita sakit, tapi kabar duka ini tetap mengejutkan sekaligus menyedihkan ku dan banyak orang. Maklum kami lama berteman, dan cukup lama bekerjasama di lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD OI) dua periode 2004-2014.

Sebagai anggota dewan periode perdana dan kedua, di masa penuh perjuangan, kami dan tentu termasuk alm. Kiyai Muslih Qori ikut terlibat aktif dalam meletakkan dasar-dasar pembangunan Kab. Ogan Ilir. Pemekaran kecamatan dan desa, pembukaan dan pembangunan jalan-jalan baru, pembangunan perkantoran terpadu Tanjung Senai, juga tidak terlepas dari sumbangsih kiyai Muslih.

Almarhum juga merupakan dai kondang, isi ceramahnya berbobot, dan selalu diiringi humor-humor segar. Untuk di OI tak banyak dai yg bertalenta seperti almarhum. Untuk di bidang politik ia politisi yang konsisten, dan setia pada satu partai yang diikutinya yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ia pernah menjadi Ketua DPC PPP OI dan Wakil Ketua DPW PPP Sumsel. Muslih juga dulu pernah menjadi mudir Ponpes Alittifaqiah Indralaya, serta sebuah Ponpes di Tulung Selapan Ogan Komering Ilir (OKI).

Dalam keseharian Kiyai Muslih dikenal sebagai ulama yang intelek dan kharismatik, humoris sehingga enak diajak bicara, dan juga akrab dengan siapapun.

Selamat Jalan kiyai Muslih Qori. Semoga amal ibadah, sumbangsih dan jasa pengabdianmu mengantarkanmu ke Janna tunnaim. Allahumma firlahuu warhamhuu waafihi waafuanhu. Aamiin. (BK/djoe) 

 885 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *