Utama  

Mahfud Mundur dari Menkopolhukam, GAMKI DKI Sebut Mengedepankan Etika Ketimbang Sekadar Jabatan

JAKARTA, BERITAKOTA.COM – Mundurnya Mahfud MD dari jabatan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Pertahanan (Menkopolhukam) mendapat tanggapan dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) DKI Jakarta.

Ketua Bidang Hak Asasi Manusia (HAM) Pernando Simbolon SH MKn mengapresiasi langkah yang diambil Mahfud MD dan bagi DPD GAMKI DKI Jakarta Mahfud adalah bapak pendekar etika.

Alasannya, lanjut Pernando, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu rela mundur karena demi menjaga stabilitas politik negara dan mengedepankan suara rakyat Indonesia sebagai Calon Wakil Presiden RI 2024 ini.

“Selama masa kerja sebagai Menpolhukam Mahfud MD telah banyak membantu masyarakat yang terzolimi dengan Hukum, contohnya saja seperti Kasus mantan Kadiv Propam Mabes Polri Ferdi Sambo yg pernah menggegerkan jagat raya, beliau berperan penting mengawal kasus tersebut hingga berhasil diungkap dan tegaknya Hukum pada Keadilan. Kemudian beberapa Kasus Korupsi seperti Asabri juga tidak luput dari peran seorang Mahfud MD,”kata Pernando dalam rilisnya, Sabtu (3/2/2024).

Dia mengapresiasi yang dilakukan Mahfud MD yang menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia yang hidup dalam sistem demokrasi.

“Mahfud MD juga menekankan setiap warga negara berhak bermimpi dan mengejar cita-cita tanpa batasan,”ujar pernando.

Selain pernah menjabat sebagai Menteri, Mahfud MD juga pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi dan anggota Legislatif DPR RI 2004 – 2008.

“Pilihan Politik beliau maju sebagai Calon Wakil Presiden RI mendampingi Ganjar Pranowo adalah Pilihan Politik yang memiliki Etika Melayani, Melayani siapa? Melayani seluruh rakyat Indonesia. Setelah Mundur dari jabatannya, apakah Pejabat lainnya akan mengikuti langkah Mahfud MD, kita lihat dan tunggu Etika para Pejabat lainnya,”ujarnya.

Sebelumnya telah diberitakan, Mahfui telah menemui Presiden Joko Widodo, pada Kamis (1/2), untuk membahas pengunduran dirinya sebagai menteri koordinator politik, hukum dan Keamanan (Menko Polhukam). Mahfud mengaku telah menyerahkan surat pengunduran diri kepada Jokowi pada Kamis (01/02) pukul 16.30 WIB. (Ralian)

 652 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *