DPP Gelar Webinar Masuk Perguruan Tinggi

Jakarta, BK – SELEKSI masuk perguruan tinggi 2022 akan segera tiba. DPP (Diskusi Politik & Pemerintahan) menghadirkan webinar nasional dengan tema “Sharing Lolos PTN Jalur SNMPTN”. Kegiatan online ini dihadiri beberapa nara sumber yang merupakan mahasiswa Indonesia lulusan gelombang tersebut. Mulai dari Isma Damar Satria dan Pande Ayu Mas Ariyasti serta dimoderatori Veri Prasetyo. Acara berlangsung pada Sabtu (15/1/2022) malam.

Dimulai pukul 19.45 – 21.30 yang berawal dari pembahasan mengenai pertanyaan seputar SNMPTN hingga saran dari para nara sumber. Semua dibahas untuk membantu calon mahasiswa baru mengenal jalur rapot ini guna masuk PTN yang mereka impikan.

Nara sumber pertama menjelaskan tentang SNMPTN. Baik dari pengertian, keresahan, hingga kriteria apa saja yang dapat menjadi indikator peluang lolosnya jalur tersebut.

“Bisa dari faktor alumni, nilai rapot, bahkan sertifikat lomba,” ujar Isma, mahasiswa Ilmu Hukum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa tersebut.

Isma menyarankan calon mahasiswa untuk terus mengikuti perkembangan dari pihak resmi yakni LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi). Tentu hal ini dimaksudkan agar mereka tidak ketinggalan informasi, khususnya jalur SNMPTN 2022. “Tetap periksa laman LTMPT. Baik dari web ataupun YouTube,” ujarnya saat mengakhiri sesi.

Selanjutnya nara sumber terakhir, Pande Ayu menjelaskan pengalaman dirinya ketika mengikuti SNMPTN. Dia adalah mahasiswa lintas jurusan yang lolos jalur tersebut. Ayu (sapaan akrabnya) mengatakan bahwa tiap universitas beda kebijakan dalam menerima calon mahasiswa dari luar jurusan terkait.

“Biasanya kampus mengedepankan satu rumpun walaupun tetap memperhatikan yang lintas jurusan,” ujar Ayu, mahasiswa Ilmu Politik Universitas Udayana dalam paparannya.

Kemudian dia melanjutkan kisahnya yang terkejut ketika lolos seleksi. Ayu yang awalnya dari jurusan IPA, bisa masuk Ilmu Politik lewat jalur rapot ini. “Bingung dan kaget juga. Aku ambil SNMPTN, kemudian dapat Soshum,” lanjutnya ketika menceritakan pengalamannya.

Ayu menutup sesi dengan mengingatkan para calon mahasiswa baru untuk fokus terhadap nilai akademis serta menyemangati mereka. “Perhatikan nilai teman-teman untuk lolos dan semangat ya,” jelasnya ketika mengakhiri sesi.

Webinar pun berakhir dengan pesan serta harapan dari Ayu untuk pejuang PTN 2022. “Ikuti kata hati dan minat kalian ya. Semoga lolos semua,” katanya di penghujung acara. (BK/Damar/Mahasiswa IBM Bekasi)

 849 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *