Rektor UKI Dhaniswara K. Harjono: Akan Terus Bertambah Program Studi Yang Mengikuti Terakreditasi Internasional

Oleh : Roce Marsaulina

Universitas Kristen Indonesia (UKI) maju selangkah lagi, dalam mengaktualisasi diri sebagai kampus global dan modern, dengan mengikuti asesmen akreditasi internasional. Kali ini, universitas Kristen tertua di Indonesia, yang berdiri sejak tahun 1953 dan telah melahirkan puluhan ribu alumni itu mengikuti asesmen akreditasi internasional yang dilakukan oleh FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation), yaitu sebuah lembaga internasional di Eropa yang berorientasi pada penjaminan mutu dan pengembangan mutu dalam pendidikan tinggi.

FIBAA melakukan asesmen terhadap empat program studi (prodi) yang dikelolah UKI, yaitu: Prodi Hubungan Internasional, Prodi Hukum, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan Prodi Sastra Inggris. Dengan mengikuti akreditasi internasional, diharapkan akan meningkatkan mutu penyelenggaraan dan mutu lulusan setiap prodi yang dimaksud. Dengan demikian, mutu dan animo masyarakat terhadap keempat prodi tersebut diharapkan akan meningkat signifikan.

Dalam pelaksanaan asesemen yang berlangsung pada tanggal 7-9 Desember 2021 yang lalu, FIBAA diwakili oleh the expert panel, yaitu: Dr. Birger Hendriks (FIBAA Project Manager), Prof. Dr. Margit Bussmann (University of Greifswald), Prof. Dr. Vera de Hesselle (Bremen University of Applied Science, Germany), Prof. Dr. Ilka Mindt (University of Paderborn, Germany), Dr. Rudolf Camerer (elc-European Language Competence, Frankfurt a.M., Germany), Dr. Philip Stiel (Bavarian State Chancellery, Free State of Bavaria, Munich, Germany), dan Irwan Trinugroho, Ph.D. (Universitas Sebelas Maret, Surakarta). Asesmen yang dilakukan terhadap keempat program studi tersebut mencakup Self Evaluation Report (SER), yang disampaikan secara langsung oleh masing-masing kaprodi terkait.

Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono, SH., MH., MBA., sejak lama menghendaki supaya prodi-prodi yang ada di UKI memperoleh akreditasi internasional. Kantor Urusan Internasional yang diresmikan beberapa waktu yang lalu diharapkan mampu merealisasikan rencana rektor yang dikenal dengan slogan “UKI Hebat!” akhirnya harapan untuk akreditasi internasional yang diidam-idamkan itu terwujud, dengan dilakukannya asesmen terhadap keempat prodi oleh FIBAA. “Saya yakin akan terus bertambah program studi yang mengikuti akreditasi internasional.” Kata Dhaniswara K. Harjono. Seluruh civitas academica UKI saling bahu-membahu untuk mewujudkan “UKI Hebat!” mulai saat ini. “Viva UKI!” (*)

 1,294 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *