Abah, Selamat Jalan

Pribadi Tangguh, Rajin Ibadah

BK abah

BARU saja saya menerima pesan di Aplikasi Whats App dari nomor Abah. Sebelumnya, dua kali ada panggilan masuk dari nomor yang sama. Karena masih ada acara, panggilan saya tolak dan saya balas melalui chat WA.
Rupanya, istrinya yang telepon dan membalas chat. Fatimah namanya. Beliau mengabarkan bahwa Abah Mulyani telah meninggal dunia, Jumat (16/10/2020) lalu. Innalillahi wa inna illaihi rojiun. Semoga almarhum meninggal dalam keadaan husnul khotimah.
Namanya Mulyani tapi kami di Berita Kota menyapanya Abah. Beliau masuk Berita Kota memang sudah senior, setelah purna-tugas dari Suara Karya. Kepribadian beliau yang bekerja dengan tangkas dan cepat kita layak menjadi panutan. Rasanya sapaan itu memang layak.
Abah bekerja di perpustakaan dan dokumentasi. Pekerjaan yang bagi sebagian orang sangat membosankan. Tetapi, redaksi sangat membutuhkan bantuan Abah, untuk referensi sehingga setiap berita menjadi lebih akurat dan bermakna.
Secara pribadi, saya cukup dekat. Bukan hanya soal pekerjaan tetapi juga saat ibadah. Abah sangat rajin beribadah, terutama sholat berjamaah di mushola kecil lantai 4 Gedung Berita Kota di kawasan Harmoni. Seringkali kami berdiskusi soal agama karena Abah juga memiliki banyak ilmu agama.
Abah memang tidak menuntaskan pengabdiannya sampai akhir.  Ketika Berita Kota dibeli oleh Kelompok Kompas Gramedia, hanya mereknya, komunikasi sempat terputus. Saya menemukan nomor kontak Abah ketika menggarap buku laporan tahunan bersama Bostonprice Asia di kawasan Bumi Serpong Damai. Sayang, saya belum bisa membantu Abah untuk mendapatkan pekerjaan. Sempat hilang kontak lagi, Abah menghubungi saya kembali. Situasinya berbeda. Saya sekarang bekerja di sebuah rumah sakit di Ciamis, jauh dari Tangerang dan jauh pula bidang pekerjaan yang saya. Bukan lagi media massa dan jurnalistik.
Kini, Abah telah berpulang. Tak ada lagi teman diskusi agama seperti dulu. Tak ada lagi suplai bahan dokumentasi untuk memperkuat berita. Padahal, sekarang sedang dirintis berita-kota.com, portal berita yang ditangani mantan karyawan Berita Kota Harmoni.
Pergilah, Abah. Saya ikhlas.

Suhartono Sanjoto, mantan Asredpel HU Berita Kota Jakarta, kini bekerja di RSU Dadi Keluarga Ciamis

 1,060 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *