Utama  

Rudem dan FOI Bagikan 1800 Porsi Takjil Ramadhan di Wilayah Lagoa, Koja Jakarta Utara

JAKARTA, BERITAKOTA.COM – Rumah Demokrasi (Rudem] dan Foodbank of Indonesia (FOI) pimpinan Hendro Utomo serta Yayasan Saraswari Murdisah Nuraeni (Saraswari) yang dipimpin Melli Darsa membagikan 1800 porsi makanan takjil buka puasa di wilayah Jakarta Utara.

Pembagian makanan kali ini dilakukan terhadap lanjut usia (Lansia) dan masyarakat prasejahtera yang tinggal di pemukiman padat di Rw 04 dan Rw 05 Kelurahan Lagoa Kecamatan Koja.

“Kegiatan ini untuk memeriahkan Ramadhan Karim sebagai hari besar dalam kalender Islam. Pesan Ramadhan agar kita berbagi kepada yang kurang mampu direalisasikan dengan kegiatan ini.” ujar Ramdansyah, pimpinan Rumah Demokrasi, (23/04/2024) di lokasi pembagian makanan.

Pria yang pernah menjabat Ketua Panwaslu Provinsi DKI Jakarta mengatakan kerjasama dengan FOI merupakan kedua kalinya dalam pembagian takjil di wilayah Lagoa, Koja, Jakarta Utara.

Tahun 2023 lalu kegiatan seperti ini diselenggarakan di Masjid Al Mukarromah yang berada di kelurahan yang sama. Kali ini pusat kegiatan dilakukan di Musholla Hayya Alassholah yang berada di Jl Mengkudu yang merupakan tempat ibadah yang dikelilingi pemukiman padat di Rw 04, Rw 05 dan Rw 07 kelurahan yang sama.

“Pemilihan tempat ini diharapkan dapat memberikan kebahagiaan kepada fakir miskin, keluarga pra sejahtera, orang tua lanjut usia (Lansia), dan warga sekitar,” harap Ramdansyah.

Antusiasme masyarakat tampak dalam bentuk antrian menerima makanan segar yang baru saja di masak, makanan ringan (snack) dan sirup di depan Musholla Hayatusholah. Ada juga tambahan kecap botol kecil untuk penerima manfaat.

Makanan di masak di Dapur Masterasa oleh ibu-ibu relawan. Usai diolah makanan-makanan tersebut lalu dibagikan melalui Food truck. Pihak sponsor adalah dari ABC Masterasa yang membantu kegiatan program “Bagikan Kenikmatan Ramadhan Dapur Masterasa”.

Dari pihak kepolisian sektor Koja turut hadir Aiptu Rofiq selaku Ketua DKM Masjid Polsek Koja Baitul Harisin yang juga Panit Bimmas turut membagikan makanan ke sejumlah fakir miskin yang berada di sekitar Polsek Koja. Kapolsek Koja Kompol Muhammad Syahroni tampak ikut membagikan makanan.

“Diharapkan program ini dapat berjalan rutin pasca Idul Fitri untuk berbagi kebahagiaan dan kenikmatan kepada keluarga pra sejahtera di Jakarta Utara. Kerjasama akan dilanjutkan dengan pihak Puskesmas dan Posyandu,” ujar Ramdansyah.

Ketua Yayasan Saraswari Murdisah Nuraini, Melli Darsa mengatakan pembagian makanan ini merupakan bentuk komitmennya terhadap agama, kemanusian dan hak-hak perempuan.

“Makanan yang dibagikan salah satunya tentu untuk kelompok perempuan yang sudah lansia. Mereka perlu diperhatikan dan diperlakukan sama atau lebih di setiap perayaan atau hari raya. Penghormatan terhadap ibu menjadi hal yang patut terus diteladani,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Foodbank of Indonesia) Wida Septarina mengatakan pihaknya bersama Dapur Masterasa berbagi kenikmatan Ramadhan dengan membagikan lebih dari 1.800 makanan siap saji.

“Yang dimaksudkan untuk membagikan kebahagiaan juga bagi warga yang sedang berpuasa. Target kami adalah lansia, anak-anak, keluarga pra sejahtera dan semoga dengan adanya kegiatan ini bisa mendekatkan akses pangan kepada masyarakat yang barangkali hari-hari ini kita lihat sembako naik. Jadi mungkin sedikit membantu beban masyarakat melalui pembagian makanan siap saji untuk berbuka puasa,” terangnya.

“Ini adalah platform yang memang sejak tahun lalu sudah dilakukan Foodbank of Indonesia bersama ABC dan akan terus dilakukan. Kegiatan ini sudah tahun kedua di Koja Jakarta Utara,” tandas Wida. (Gus)

 288 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *