Utama  

700 Kilogram Jenis Narkoba Disita, Jaringan Murtala Merupakan Sindikat Internasional Berhasil Digulung

JAKARTA, BERITAKOTA.COM – Dalam satuan Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba ) Polres Metro Jakarta Barat mengungkap sejumlah kasus narkotika berbagai jenis. Terungkap, total barang bukti 700 kilogram sabu hingga 130 kilogram ganja yang berhasil disita.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes M Syahduddi dalam jumpa pers, Rabu (6/3/2024) mengatakan, dalam satu tahun terakhir jajaran reserse narkoba Polres Metro Jakarta Barat telah mengungkap dan mengamankan barang bukti narkoba sebanyak lebih kurang 700 kilogram sabu, 130 kilogram ganja, 100 kilogram ganja sintetis dan 50 ribu butir ekstasi.

Beberapa kasus yang diungkap oleh jajaran Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat cukup menonjol. Terbaru, kasus yang melibatkan gembong narkoba Murtala Ilyas cs dengan total barang bukti sabu seberat 110 kg.

sekitar enam orang kaki tangannya Murtala tidak tahu bahwa mereka itu di atasnya. Bosnya adalah Murtala. Karena, mereka sistemnya terputus. Jadi mereka cuma disuruh ngambil barang dari sini-sini, tapi mereka tidak tahu sebetulnya Murtala itu di atasnya.

Para kaki tangan Murtala ini mendapatkan imbalan untuk setiap transaksi 1 kilogram sabu yang bisa diedarkan. Imbalan yang diterima sekitar Rp 20-30 juta per satu kilogram.

Berdasarkan keterangan dihimpun, Jaringan Murtala cs ini terungkap dalam penyelidikan polisi sejak Oktober 2023 sampai Januari 2024. Total barang bukti narkoba yang disita polisi dari jaringan ini adalah 110 kilogram.

Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat menyita 110 kg sabu dari gembong narkoba Murtala cs. Barang bukti tersebut diduga dikirim dari Malaysia melalui jalur laut ke pelabuhan tikus di Aceh.

“Dengan banyaknya barang bukti yang diamankan tersebut membuktikan bahwa tindak pidana narkoba merupakan ancaman asimetris terbesar bagi kita, dan sangat merugikan dan merupakan bahaya yang sangat besar yang dapat merusak kehidupan generasi bangsa dan negara serta ketahanan nasional Indonesia,”terang Kapolres.

Berdasarkan data dari Badan Narkotika Nasional (BNN), sudah ada lima juta orang yang dijatuhi hukuman dalam kasus peredaran narkoba. Syahduddi mengajak masyarakat sama-sama memerangi narkotika.

Kapolres mengimbau, bagi masyarakat yang melihat, mendengar dan mengetahui adanya peredaran gelap narkoba di lingkungannya agar segera menginformasikan kepada aparat kepolisian.

Dia menegaskan pihak kepolisian berkomitmen memberantas peredaran narkotika. Menurutnya, para pelaku peredaran narkotika harus ditindak demi masa depan Indonesia.

Dia mengatakan, Murtala Ilyas adalah salah satu gembong narkoba yang iitangkap Resnarkoba Polres Metro Jakarta Barta atas kasus 110 Kg Sabu. Selain itu, gudang penyimpanan sabu di Medan Digerebek pihak kepolisian,

Sebelumnya diberitakan, Polres Metro Jakarta Barat menangkap gembong narkoba Murtala Ilyas cs. Dari tangan Murtala, disita sabu seberat 110 kilogram.

Selain Murtala, polisi juga menggulung 6 orang kaki tangannya. Mereka adalah SD (44), AN (42), MR (42), ML (29), WP (24), dan RD (22). Para kaki tangan Murtala itu ditangkap di tempat yang berbeda.

Para kaki tangan Murtala itu ditangkap di beberapa lokasi di Medan, Sumatera Utara, dan juga di Jakarta Timur.

Sementara itu, Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suyudi Ario Seto mengatakan, dari pengungkapan ini, Murtala adalah sebagai otak intelektual dari kelompok ini atau bandar besarnya.

Wakapolda mengemukakan, Murtala dapat ditangkap atau diamankan di warung kopi Jalan Tanah Merdeka, Kelurahan Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur.

Para tersangka dijerat Pasal 114 ayat (2) subsider Pasal 112 ayat (2) juncto Pasal 131 ayat (1) UU RI 35/2009 tentang Narkotika. Atas perbuatannya Murtala terancam hukuman pidana dengan pidana mati, pidana penjara seumur hidup atau penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun penjara, dan pidana denda minimal Rp 1 miliar dan maksimal Rp 10 miliar ditambah sepertiga. (Ralian)

 274 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *