Utama  

GMKI Jakarta Minta Agar Masyarakat Menghargai dan Menghormati Perbedaan Agama

JAKARTA, BERITAKOTA.COM – Rakyat Indonesia terlebih masyarakat DKI Jakarta menginginkan 1 cita-cita kemerdekaan yaitu terimplementasikannya Hak Asasi Manusia, Keadilan Hukum dan Pendidikan Manusia. Mengingat perjalanan bangsa yang panjang, perlunya kita bersama bersatu dalam semangat kebhinekaan.

Demikian Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Jakarta Chrysmon Wifandy Gultom dalam pesan natal pada Perayaan Natal dan TahUn Baru 2024, di Gereja Punguan Kristen Batak (GPKB) Menteng, Jakarta, Selasa (30/1/2024).

“Seperti kita ketahui, Surat Keputusan Bersama (SKB) 2 Menteri Nomor 9 dan 8 Tahun 2006 merupakan peraturan yang mengatur tentang pendirian rumah ibadah di Indonesia,”katanya.

Menurut Chrysmon, SKB 2 Menteri telah menimbulkan berbagai pro dan kontra di masyarakat sebagian orang berpendapat bahwa peraturan ini terlalu ketat dan menghambat pendirian rumah ibadah. “Persyaratan teknis bangunan gedung juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan umat beragama,”imbuhnya.

Selain itu, lanjut Chrysmon, perlu adanya upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya toleransi dan kerukunan umat beragama.

“Hal ini penting agar masyarakat dapat saling menghormati dan menghargai perbedaan agama,”ucapnya.

Menurutnya, upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan toleransi dan kerukunan umat beragama dengan meningkatkan pendidikan agama yang mengajarkan nilai-nilai toleransi dan kerukunan.

Lebih lanjut, kata dia, meningkatkan peran forum kerukunan umat beragama dalam menyelesaikan konflik antar umat beragama.

“Melakukan sosialisasi dan kampanye tentang pentingnya toleransi dan kerukunan umat beragama,”ujar Chrysmon.

Pelayan Firman Pdt. Dr. Andriyas Tuhenay mengutip thema “Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi yang dikutip dari Lukas 2: 14, menjelaskan bahwa Natal adalah perjumpaan Allah dengan manusia yang berdosa.

Andriyas menuturkan, Natal tanpa pembaharuan iman dan pertobatan adalah suatu perayaan biasa saja. “Peristiwa Natal harusnya terjadi dalam hidup kita,”imbuhnya.

Dalam perayaan Natal dan Tahun Baru hadir Senior GMKI Bandung, yang juga Wakil Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN ) Ottasi Nababan, Ketua Bidang Organisasi dan Pendidikan Kader PP GMKI Hendra Manurung, Wakil Ketua Umum Kita Ganjar Nusantara Rudy Damenson Sihombing, mantan Ketua STT Jafray Dr. Jerry Rumahlatu, Kabid Organisasi dan Keanggotaan Hendra Manurung, Ketua DPP GAMKI Dr. Andriyas Tuhenay.

Hadir mantan Ketua Umum GAMKI DKI Jakarta, yang juga calon legislatif (Caleg) dari PDIP Sheireda Tambun, dan Caleg PDIP dari daerah pemilihan Jakarta Pusat Paulus Sinulingga.

Lebih lanjut, BPC GMKI Jakarta yang ditanda tangani Ketua Chrysmon Wifandi dan Sekretaris Sola Gratia Mambai melantik Ketua Forum Senior GMKI Jakarta Sandi Ebenezer Situngkir dan Sekretaris Rully Rajagukguk. Mereka menggantikan, Padot Gultom dan Michael Dotulong yang massa jabatannya sudah berakhir.

Hadir menghibur Vokal Group STFT Jakarta, dan Sanggar Shalom GMKI Jakarta, dan tarian daerah dari Universitas Jaya Baya. (Ralian)

 589 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *