Utama  

Boru Nauli Gelar Pemberdayaan Sintua Perempuan di HKBP Cakung

Foto bersama para Sintua Perempuan HKBP bersama dengan Ketua Umum Boru Nauli Emmy Lumban Raja, pakar kecantikan Rini Simanjuntak dan Pakar Kepemimpinan Maria Sidabutar, di HKBP Ressort Cakung, Jakarta Timur, Selasa (4/10). (foto: ralian/BK)

Loading

JAKARTA, BK

Lembaga Boru Nauli menggelar Pelatihan Sintua Perempuan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Gereja HKBP Ressort Cakung, Jl. Raya Bekasi No.22, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (4/10) yang lalu. Hal itu dilakukan Boru Nauli untuk mempersiapkan pemberdayaan Sintua Perempuan berupa pelatihan menyanggul, make up, senam kesehatan, manotor dan kepemimpinan.

Sebanyak 33 orang Sintua Perempuan dan dua orang Biblevrow, dari gerja HKBP Cakung, HKBP Harapan Jaya, HKBP Rajawali, HKBP Ujung Menteng, HKBP Semper, HKBP Kayu Tinggi, HKBP Duren Sawit, dan HKBP Harapan Baru hadir dalam pelatihan.

Ketua Umum Boru Nauli Emmy Lumban Raja mengatakan, pemberdayaan Sintua Perempuan HKBP ini dilakukan untuk mempersiapkan pelayan-pelayan perempuan di gereja HKPB agar pro aktif dalam melayani jemaat di era milineal.

Menurut Emmy, Sintua HKBP perempuan bukan hanya melayani dari segi pelayanan rohani saja, tapi dengan pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan keahlian yang nantinya untuk menularkan kepada jemaat perempuan.

Ketua Umum Boru Nauli Emmy Lumban Raja. (foto: ralian/BK)

“Perempuan itu mesti juga meminta Roh Kudus untuk menyinari wajah mereka sehingga wajah yang bersinar adalah panggilan Tuhan sehingga orang yang dilayani dapat merasakan wajah Tuhan dalam pelayanan yang mereka lakukan,” tukas Emmy.

Diakui Emmy, pemberdayaan terhadap Sintua HKBP dilakukan berdasarkan swadaya. “Kami bergotong royong, dan semua karena kemurahan Tuhan saja,”ucap Emmy.

Sementara itu, pakar kepemimpinan Maria Sidabutar mengatakan, sintua perempuan harus menjadi dambaan jemaat. “Bukan hanya karena mengisi quota dalam pelayanan gereja,”imbuhnya.

Maria mengemukakan, banyak jemaat HKBP bergereja di gereja lain. Namun, lanjut Maria, ketika menikah dan berduka meminta gereja HKBP yang melayani. “Ini menjadi tantangan tersendiri bagi HKBP, khususnya sintua perempuan.

Di tempat yang sama, pakar kecantikan Rini Simanjuntak memberikan pelatihan menyanggul, dan make up kecantikan. Ketua Boru Nauli Emmy juga melatih tor-tor atau tarian khas Batak Toba. Seusai pelatihan tor-tor, Emmy juga mengajarkan senam.

Ketua perempuan Ressort Cakung Sondang Sinaga mengapresiasi pelatihan yang digelar Boru Nauli. “Kami mendapatkan hal yang baru yang sebelumnya tidak didapat untuk sintua perempuan,”tambahnya.

Biblevrow Siti Lamroma Nainggolan dari Arben Eser Sinaksak mengatakan, sangat bangga bisa ikut dalam pelatihan ini. Pasalnya, menambah keterampilan bagi dirinya dan sangat berguna dalam menunjang pelayannya ke depan.

Pelatihan yang digelar dari pagi dilakukan terlebih dahulu kebaktian, dan pelatihan pemberdayaan sintua perempuan dipimpin dengan doa oleh HKBP Ressort Cakung Pdt. Mesi R. Sitanggang. (ralian/BK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *