Home Nasional Lembaga Keagamaan Harus Glorifikasi Narasi Perdamaian dan Persatuan

Lembaga Keagamaan Harus Glorifikasi Narasi Perdamaian dan Persatuan

by admincontent
Bagikan:

Jakarta, BK – Lembaga keagamaan seperti Lembaga Persaudaraan Organisasi Islam (LPOI) harus menglorifikasikan narasi perdamaian dan persatuan baik secara offline dan online. Ini penting untuk melawan narasi kelompok radikal terorisme sebagai musuh agama dan negara.

“Harapan saya LPOI ini akan menjadi mitra strategis dan insya allah abadi. Kenapa ? Karena LPOI ini kalau di dalam kontek kebijakan BNPT masuk dalam kebijakan Pentahelix, yaitu dalam penanggulangan radikal terorisme harus melibatkan multi pihak, seluruh elemen masyarakat bangsa dan negara,” ujar Direktur Pencegahan BNPT, Brigjen Pol. R. Ahmad Nurwakhid pada acara Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) LPOI di Hotel Santika Premier, Jakarta, Kamis (15/9/2022).

Dijelaskannya, dalam menerapkan kebijakan pentahelix ini pihak yang pertama tentunya adalah pemerintah yaitu Kementerian lembaga maupun Pemda. Lalu pihak kedua adalah akademisi, ketiga adalah pelaku usaha, keempat adalah media, dan yang kelima adalah masyarakat.atau ormas seperti LPOI ini.
“Karena masyarakat sebagai salah satu pilar yang kami utamakan adalah ormas-ormas keagamaan dalam konteks ini adalah LPOI. Dan di dalam gugus tugas pemuka agama juga ada Lembaga Persahabatan Ormas Keagamaan (LPOK). Tentunya ini yang kami sinergis kan untuk itu,” ujar Nurwakhid.

Ia menyampaikan LPOI berperan penting dalam mengglorifikasikan narasi-narasi cinta terhadap bangsa dan Tanah Air, perdamaian, dan persatuan. Juga narasi mengenai pentingnya bagi masyarakat untuk mencintai sekaligus menghormati segala perbedaan yang ada di negeri ini demi menjaga keutuhan NKRI.

Nurwakhid berharap agar para ketua umum masing-masing ormas dan juga para tokoh agama yang tergabung di dalam LPOI ini bersedia memberikan masukan ataupun nasihat kepada BNPT dan Densus 88/AT Polri terkait dengan pencegahan dan pemberantasan terorisme.

“Diharapkan para tokoh agama, terutama di LPOI, bersedia memberi masukan, nasihat, atau wejangan kepada BNPT. Dimana BNPT ini adalah hulunya untuk melakukan pencegahannya. Sedangkan Densus adalah eksekutor di dalam law enforcement atau penegakan hukum di bidang tindak pidana terorisme,” ucanya.
LPOI juga dapat memberikan kontribusi yang produktif dan signifikan terhadap bangsa dan negara Indonesia.

“Tentunya LPOI harus dilibatkan menjadi narasumber dalam menggelorifikasi Islam yang rahmatan lil alamin, hubbul watton minal iman untuk membangun harmonisasi Indonesia,” tandasnya. BK/Man

 86 total views

Bagikan:

BERITA TERKAIT

Leave a Comment