Utama  

APJII Dan Matrix NAP Info Hadirkan Super MMR dan Super Node IIX di MDC-JK3

Managing Director Matrix NAP Info Thomas Dragoni berjabat tangan dengan Muhammad Arif Angga selaku Ketua Umum APJII (kanan). Foto:Istimewa

 

JAKARTA, BERITAKOTA.COM – Salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi terkemuka di Indonesia, PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info) bersama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) melakukan kerja sama strategis dalam rangka menjaga, mendorong serta memperkuat keberlangsungan layanan internet di Indonesia. Berlangsungnya kerjasama ini ditandai dengan dilakukannya penandatanganan perjanjian kerjasama antara Matrix NAP Info dengan APJII dalam menghadirkan Super MMR dan Super Node IIX bertepatan dengan peresmian Hall B di MDC (Matrix Data Center)-JK3, Plaza Kuningan pada hari ini, Minggu (7/8/2022).

Melalui kerjasama ini, MDC-JK3 menjadi opsi POI (Point of Interconnection) alternatif baru bagi lebih dari 780 anggota APJII untuk saling terhubung satu sama lain, dan dengan kehadiran Super Node IIX di MDC-JK3 ini menambah redundansi untuk dapat terhubung dengan Route Server Indonesia IX (IIX).

Selain daripada itu, hadirnya APJII Super MMR dan IIX Super Node di MDC-JK3 ini juga diharapkan akan membantu mengurangi resiko Single Point Of Failure (SPOF) yang dapat mencegah terjadinya gangguan internet dalam skala besar.

Thomas Dragono, selaku Managing Director Matrix NAP Info yang hadir langsung dalam penandatanganan perjanjian ini. “Merupakan kebanggaan bagi kami untuk dapat menghadirkan APJII Super MMR dan IIX Super Node ini untuk menjadi suatu solusi bagi percepatan teknologi informasi Indonesia,” ujar Thomas.

Disaat yang bersamaan, Matrix NAP Info juga menghadirkan layanan MCX (Matrix Cable Xchange) yang melayani rute internasional dan domestik secara redundan dan mandiri. Matrix Cable International Xchange (MCIX / AS55818) terhubung ke 13 Global IX yang terletak di AS, Eropa dan Asia. Sedangkan Matrix Cable Domestic Xchange (MCDX / AS149760) terhubung ke 8 IX berbeda di Jakarta & Surabaya, termasuk diantaranya Matrix Internet Xchange (MIX / AS149918).

Hadir dalam acara ini, Muhammad Arif Angga, selaku Ketua Umum APJII.

“Seperti yang kita tahu, pertumbuhan ISP di Indonesia saat ini semakin tinggi. Hal ini terlihat dari semakin bertambahnya pula anggota APJII yang sudah menyentuh 780. Kami berfikir Data Center di Cyber ini sudah tidak dapat menampung kapasitas lagi, sehingga kami harus melakukan perluasan jangkauan dengan berkolaborasi bersama Matrix NAP Info dalam menghadirkan Super MMR dan Super Node IIX,”kata Angga.

Angga juga berharap kedepannya APJJI dapat bersama-sama mengembangakan ISP di Indonesia agar dapat dinikmati bagi seluruh anggota APJII.

Lebih lanjut, Thomas menambahkan melalui MDC-JK3, Matrix NAP Info hadir untuk memfasilitasi anggota APJII dalam menyediakan layanan yang lebih stabil, dan andal bagi para masyarakat Indonesia.

“Matrix NAP Info berkomitmen untuk meningkatkan kualitas internet Indonesia dengan menjawab kebutuhan infrastruktur TIK sebagai bagian daripada Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024,”ujarnya. (Ralian)

 772 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *