Pelaku UMKM Gelar Bazar Online

JAKARTA, BK
Sebagai salah satu upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakarta Barat menggelar bazaar di kantor wali kota setempat. Sebanyak 40 Jakpreneur dari delapan kecamatan mengikuti bazar tersebut.

Pelaksana tugas (Plt) Wakil Wali Kota Jakarta Barat Iin Mutmainnah di Jakarta, kemarin mengungkapkan, bazar ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan, khususnya pelaku UMKM.

Menurutnya, dalam bazar ini, para Jakpreneur menyajikan beragam produk makanan, minuman dan fesyen dengan kualitas yang bagus. Sedangkan sistem transaksi dalam bazar ini juga menerapkan pembayaran nontunai sebagai upaya menuju digitalisasi market ekonomi yang mulai diterapkan kepada para pelaku UMKM. “Ke depan, Jakpreneur dituntut terus mengikuti perkembangan kebutuhan masyarakat. Termasuk mengasah kemampuan serta memperbanyak kerja sama dengan banyak pihak,” ujarnya.

Kasudin PPAPP Jakarta Barat, Sikah Winarni mengemukakan, kegiatan Bazar Menuju Hari Kemenangan ini digelar dari 25-27 April 2022. Tujuan kegiatan untuk memenuhi target pencapaian B06 KSD 20 tentang program pembinaan dan pengembangan kewirausahaan terpadu tahun 2022. “Kegiatan ini melibatkan para Jakpreneur, kader PKK dan Posyantek di wilayah Jakarta Barat,” kata dia.

Bazaar Online
Sementara itu, Pemerintah Kota Jakarta Pusat juga menggelar bazar berupa bazaar online. Kegiatan tersebut diinisiasi Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP). Bazar bertajuk Berkah Ramadan bersama Warung Jakarta Pusat di RPTRA Borobudur, Kelurahan Pegangsaan, Menteng, Senin, dibuka Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma.

Menurut Dhany, bazaar ini merupakan salah satu bukti bahwa para pelaku UMKM dan anggota Jakpreneur di Jakarta Pusat telah siap beradaptasi memenuhi kebutuhan masyarakat melalui layanan online. “Saat Ramadan seperti sekarang, banyak masyarakat mencari alternatif makanan yang bisa dinikmati ketika berbuka puasa,” tuturnya.

Diharapkan, melalui Bazar Online yang diikuti 25 UMKM binaan dengan 32 jenis produk olahan atau makanan ini, para pelaku UMKM dan Jakpreneur dapat memasarkan produknya kepada warga secara lebih luas. Sebab, jika omzet Warung Jakarta Pusat meningkat, tentu pendapatan para Jakpreneur juga meningkat.

Kasudin KPKP Jakarta Pusat, Penty Yunesi Pudyastuti menjelaskan, Bazar Online ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Ramadhan dan memperingati Hari Kartini. Kegiatan ini berlangsung hingga Rabu (27/4). Bazar Online ini juga untuk mempromosikan produk Jakpreneur binaan sudin KPKP Jakarta Pusat dari delapan kecamatan untuk lebih dikenal masyarakat sehingga bisa meningkatkan omzet. (aga/bjc/BK)

 857 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *