Perayaan Natal Nasional Partai Demokrat, AHY Disambut Tari Yospan Asal Papua

Penyalaan lilin yang dipimpin Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, tampak memberikan api dalam lilin kepada Tuti Budi Santoso (wanita pakaian kuning) isteri Ketua Umum pertama Partai Demokrat Subur Budi Santoso.(Foto: Ralian)

JAKARTA, BK – Kehadiran Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono beserta istri Annisa Pohan dalam Perayaan Natal Nasional Partai Demokrat 2021, disambut dengan tari Yospan dari Papua, di Hotel Lagoon Garden, The Sultan Hotel Jakarta, Sabtu (30/1).

Tari Yospan adalah tari persahabatan, yakni tari Yosim Pancar, yang disingkat Yospan, yang berasal dari Kabupaten Yapen, Papua. Sebuah seni tari dan musik yang merupakan bagian dari upacara adat dalam berbagai kegiatan, mulai dari pesta pernikahan hingga menyambut tamu bagi masyarakat Papua.

Tarian Yospan asal Papua ikut dalam menyemarakan Perayaan Natal Nasional Partai Demokrat.

Suguhan para penari lelaki dan perempuan mengenakan khas pakaian dari rumbai ini sangat memberikan hiburan bagi para tamu undangan. AHY, panggilan Agus Harimurti Yudhoyono, sangat kagum akan tarian Yospan yang dibawakan tersebut.

“Saya merasa terhibur dengan tarian asal Papua. Membuktikan Indonesia kayak akan ragam dan budaya yang tidak bisa dipungkiri,”tutur AHY.

Dia mengemukakan, berbagai tampilan pakaian budaya yang mewarnai natal partai berlambang segitiga mercy ini membuktikan bahwa Indonesia majemuk yang tidak bisa dinafikan. Karena itu, lanjut AHY, Partai Demokrat lebih menekankan ideologi nasionalis religius. “Indonesia adalah majemuk, namun tidak memungkiri bahwa masyarakat kita beragama, menyembah Tuhan yang harus dihargai antara agama satu dengan yang lainnya,”ucap AHY.

Dalam perayaan natal itu, penyanyi Joy Tobing juga tampil menghibur dengan lagu-lagi rohani dan berbagai lagu lainnya. Seusai perayaan hari kelahiran sang mesias ini,Joy Tobing bernyanyi judul “Anak Medan” membawa suasana peserta perayaan tumplek menari. Anisa Pohan ikut larut dalam suasana lagu dengan menari sembari berputar dengan para anggota Partai Demokrat.
Perayaan natal bertajuk “Cinta Kasih Kristus Yang Menggerakkan Persaudaraan (1 Petrus 1:22) ” itu dihadiri Anggota Majelis Pertimbangan Partai Demokrat EE Mangindaan, Sekretaris Jenderal Teuku Riefky Harsya, Isteri mantan Ketua Umum Pertama Partai Demokrat Titi Budi Santoso, Wakil Ketua Umum Vera Febianty, Anggota DPR RI Benny Kabur Harman, Wasekjen Partai Demokrat Jansen Sitandoan, Pendeta Daud Tony, dan berbagai rohaniawan dari lintas agama.

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edie Baskoro Yudhoyono hadir secara virtual.

Selanjutnya, putra sulung Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini memimpin penyalaan lilin natal, dengan menyalahkan api kaki dian yang disediakan dalam perayaan tersebut. Sembari memberikan lilin kepada sejumlah tokoh penting partai besutan SBY tersebut.

Dalam kata sambutannya, Ketua Panitia Perayaan Natal Nasional Partai Demokrat 2021, Willem Wandik mengatakan, mengingat sampai saat ini pandemi covid-19 yang masih belum pulih, sehigga perayaan natal dilakukan dengan terbatas. “Penuh kesederhanaan, namun tetap spirit cinta kasih Partai Demokrat, yaitu peduli dan berbagi dalam bentuk sosial tetap dilaksanakan,”tambah Ketua Umum Gerakan Angkatan Muda Kristen (GAMKI) ini. (BK/Ralian)

 1,927 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *