Mengenal Trending Teknologi di Tahun 2022

Oleh Muhamad Farhan

SAAT ini kita berada di tengah-tengah revolusi industri keempat dengan banyak perkembangan di bidang teknologi yang semakin meningkat. Beberapa penemuan penting ditandai dengan adanya Internet of Things, machine learning, hingga Artificial Intelligent yang membantu kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Tentunya di 2022 nanti masih banyak tren teknologi yang akan terjadi. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini terkait tren teknologi 2022

• Keberadaan kendaraan listrik dan tanpa awak 
Tahun 2019 menjadi tahun di mana banyak bermunculan kendaraan listrik. Selain kendaraan listrik, beberapa merek mobil menawarkan mobil self-driving. Mobil self-driving adalah kendaraan yang dapat dipindahkan tanpa awak. Merek yang menawarkan teknologi canggih ini termasuk Tesla, Alphabet, dan Waymo. Kendaraan  dapat melakukan fungsi seperti pengereman otomatis, mengemudi secara otonom, adaptasi sistem di dalam kendaraan, dan perubahan jarak tempuh. Pasar juga menyambut baik inovasi ini, dan mungkin  tren teknologi ini akan semakin  diadopsi oleh perusahaan lain dengan  produk serupa tahun depan. Sayangnya, tidak ada aturan atau regulasi khusus dari pemerintah terkait mobil listrik dan self-driving ini.

• Komputer dapat mengidentifikasi wajah
Kehadiran sensor yang bisa membaca wajah di ponsel sudah menjadi rutinitas sehari-hari yang banyak dihadapi oleh kita. Namun, ini mungkin juga berlaku untuk komputer pribadi (PC) tahun depan. Banyak teknologi menggunakan ukuran sensor wajah karena dianggap lebih aman daripada sistem keamanan PIN.

• Kemunculan produk AI semakin meluas
Salah satu produk AI yang menarik perhatian dunia adalah  robot Sophia. Kelebihan dari robot ini adalah dapat berkomunikasi langsung dengan manusia,  merasakan perasaan senang dan sedih, serta bernyanyi. Tren teknologi diproyeksikan untuk 2022, dan produk pintar buatan lainnya akan terus tumbuh tahun depan.
• Otomatisasi layanan 
Beberapa layanan otomatisasi yang tidak memerlukan kehadiran manusia, seperti  toko Amazon Go di Amerika Serikat. Amazon Go telah menghapus pekerjaan kasir dan mengubah pengalaman berbelanja saat membeli barang. Pengguna cukup menggunakan aplikasi Amazon Go untuk masuk ke toko, membeli produk, dan mencari produk lain tanpa  mengantri saat checkout. Amazon dilaporkan berencana untuk meningkatkan jumlah toko menjadi 3.000 pada tahun 2021. Di Indonesia sendiri, dengan membongkar pembatas parkir, akan diterapkan layanan otomasi melalui Layanan Sky Parking. Pengguna parkir cukup memindai barcode menggunakan aplikasi OVO sebelum meninggalkan tempat parkir. Sejauh ini, layanan ini dapat ditemukan di beberapa tempat di Jabodetabek.
• Peningkatan manusia 
Mungkin kata peningkatan manusia terdengar aneh bagi Anda. Harus dijelaskan bahwa peningkatan manusia adalah  bidang studi yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan manusia melalui teknologi dan kedokteran. Melalui proses peningkatan manusia, Anda dapat  membuat keputusan untuk meningkatkan keterampilan berpikir Anda dan memperkuat tubuh Anda. Prosesnya sendiri dapat dilakukan melalui pemasangan implan dalam tubuh atau dapat juga menggunakan kacamata, teropong, dan lainlain. Beberapa proyek dari augmentasi manusia diaplikasikan pada profesi tentara untuk menjaga keselamatan mereka selama berperang di pertempuran. Diprediksi tren teknologi ini akan semakin berkembang 2022. (Penulis adalah Mahasiswa Fakultas Teknik Semester 3 UHAMKA Jakarta) 

 1,462 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *