Utama  

Harga Cabai Melonjak Jelang Tahun Baru

Oleh Iftitah Sangadah

HARGA cabai naik menjelang perayaan tahun baru, terutama harga cabai yang melonjak tiga kali lipat di pasar Pondok Gede Bekasi sampai akhir pekan lalu. Menurut para pedagang cabai sejak sepekan lalu, cabai yang dijual berkurang akibat minimnya pasokan cabai dan harga yang terus naik. Harga cabai rawit merah yang mencapai hampir tiga kali lipat mencapai Rp90.000 hingga Rp120.000 per kilogram. Adapun harga cabai merah mencapai harga Rp60.000 per kilogram. Harga cabai rawit merah naik sebanyak 50%.

Menteri perdagangan mengatakan bahwa kenaikan cabai rawit dikarenakan faktor cuaca yang tidak menentu, dan karena faktor distribusi juga menghambat pengiriman ke berbagai daerah dan naiknya permintaan masyarakat terhadap cabai rawit.

Walaupun cabai rawit mahal, tidak menutup kemungkinan untuk seseorang tidak membeli bahan utama di dalam masakan tersebut, masyarakat hanya mengurangi pembelian bahan baku cabai rawit tersebut. Petani mengatakan harga cabai naik disaat musim hujan tiba, karena banyak produk yang gagal panen dan sebagian produk cabai busuk sebelum waktu panen tiba.

Tetapi tidak sedikit banyak masyarakat yang mengeluhkan atas kenaikan cabai rawit merah, terlebih lagi masyarakat yang memiliki usaha di bidang kuliner. Banyak dari pelaku kuliner memperhatikan penggunaan cabai, yang biasa sehari bisa 2kilogram semenjak hargai cabai naik dikurangi menjadi 1 kilogram per hari. Karena itu para pelaku usaha kuliner menambahkan dengan tomat agar terlihat lebih merah dan pedas, dan banyak juga pelaku usaha yang mengganti menu jualan mereka.

Masyarakat bertanya-tanya mengapa kenaikan cabai rawit merah selalu naik saat menjelang hari-hari besar. Padahal pada saat itu banya orang yang memesan masakan pada hari istimewa. Selain harga cabai yang melonjak naik cukup tinggi, masyarakat pun cukup kesulitan menemukan kualitas cabai rawit merah yang berkualitas bagus. Biasanya dengan harga cabai rawit merah yang naik banyak para penjual menjual cabai yang sudah layu bahkan ada yang hampir busuk.

Persoalan naiknya hargai cabai seolah menjadi masalah klasik menahun yang tak kunjung ditemukan solusi jangka panjang oleh pemerintah. Sudah menjadi langganan setiap tahun. Harga cabai akan melonjak tinggi menjelang ramadhan dan tahun baru. (Penulis adalah Mahasiswa Unisma Bekasi)

 733 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *