Utama  

Awas, Covid-19 Varian Omicron Sudah Masuk

JAKARTA, BK – Omicron, varian baru Covid-19, benar adanya sudah masuk ke Tanah Air. Hal itu dipastikan, menyusul ditemukannya seorang petugas kebersihan Wisma Atlet Kemayoran terpapar positif varian baru tersebut.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan langsung hal te sebut. Dalam Keterangan Pers terkait Perkembangan Pandemi Covid-19 yang disiarkan langsung di channel YouTube Kementerian Kesehatan, Kamis (16/12/2021), Budi Gunadi mengemukakan, kasus Omicron pertama yang terdeteksi di Indonesia menginfeksi seorang pekerja pembersih di Wisma Atlet berinisial N.

Kasus ini sudah terkonfirmasi pada 15 Desember 2021 dan data-data sudah dikonfirmasi ke GISAID, dan telah dikonfirmasi kembali dari GISAID yang memastikan hasil genome sequencingnya adalah Omicron.

“Pada 8 Desember sampelnya diambil secara rutin oleh tim Wisma Atlet, kemudian dikirmkan ke Kemenkes untuk dilakukan whole genome sequencing (WGS), kami terima pada 10 Desember dan kita lihat ada 3 pekerja pembersih di Wisma Atlet yang positif PCR nya, namun yang terkonfirmasi positif Omicron adalah 1 orang,” ujar Menkes Budi seperti dikutip Okezone.

Ketiga pembersih Wisma Atlet yang diketahui positif Covid-19, semuanya dalam kondisi sehat alias tanpa gejala. Ketiga pasien ini dikarantina di Wisma Atlet dan menurut kabar terbaru, dari hasil tes PCR kedua, ketiganya dinyatakan sudah negatif Covid-19.

“Satu dari 3 positif Omicron. Ketiga orang ini tanpa gejala, jadi mereka ini masih sehat, tidak ada demam, juga batuk-batuk. Kemudian mereka bertiga juga sudah di tes PCR kembali. Dan dari hasil tes PCR sudah negatif,” tuturnya. (aga/BK)

 785 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *