Talkshow HAM FKPPI dalam Ormas-Ngo Expo 2021

Semarang – Pemerintah kota Semarang sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan FESTIVAL HAM 2021 tingkat Nasional bertajuk branding “ORMAS-NGO EXPO 2021” untuk yang ketiga kalinya sedang berlangsung hingga saat ini selama empat hari dari tanggal 16 November sampai dengan 19 November 2021 bertempat di Atrium POLLUX Mall Paragon Semarang Jl. Pemuda No. 118, Sekayu, Semarang Tengah. Sebagai Panitia Pelaksana kegiatan Pemerintah kota Semarang menunjuk Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bekerjasama dengan Forum Komunikasi Ormas Semarang Bersama (FKSB).

Gelar Pameran Layanan Publik Hak Azasi Manusia 2021 sebanyak 40 Stand yang terdiri dari 34 Peserta Kompetisi Festival HAM 2021, 1 Stand Panitia dan 6 Peserta lainnya

PC 1133 FKPPI (Forum Komunikasi Putra Putri Purnawiran dan Putra Putri TNI-POLRI) kota Semarang merupakan salah satu peserta dalam ajang kompetisi Festival HAM 2021 melalui undian mendapatkan Stand dengan Nomor 8 (Delapan) dari 40 Stand dan mendapatkan nomor urut 1 (Satu) untuk tampil pertama dalam memeriahkan serangkaian acara yang akan dilaksanakan dalam ORMAS-NGO EXPO 2021.

Mengisi serangkaian acara sebagai penampil pertama PC 1133 FKPPI kota Semarang menggelar Acara “TALKSHOW HAM 2021 FKPPI dalam ORMAS-NGO EXPO 2021” dengan menghadirkan Nara Sumber Pertama Irjen Pol (Purn) Drs. Eko Hadi Sutejo, SH., M.Si adalah Polisi karir yang memiliki jabatan terakhir sebagai Aslog Kapolri. Sebelumnya pernah dua kali menjabat Kapolda, yaitu Kapolda Banten dan Kapolda Sumatera Utara. Pernah juga menjabat sebagai Gubernur Akpol yang bertanggungjawab menciptakan Perwira Polri yang banyak bersentuhan dengan HAM, Nara Sumber ke-2 adalah Erry Sadewo, SH sebagai salah salah satu Anggota DPRD tingkat II kota Semarang dan yang ke-3 adalah H. Sutrisno,SE sebagai Ketua PC 1133 FKPPI kota Semarang

“Bagaimana Menghormati, Melindungi dan Memenuhi HAM” merupakan tema dalam gelar Acara “TALKSHOW HAM 2021 FKPPI” dimeriahkan tamu undangan hampir lebih 50 orang yakni dari LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia) Marcab kota Semarang, Pepabri (Persatuan Purnawirawan Dan Warakawuri TNI-Polri) kota Semarang, IARMI, PKP-POMAD (Paguyuban Keluarga Besar Purnawirawan Polisi Militer Angkatan Darat), Hipakad, KAK , FKPPI

Menuturkan kepada Awak Media, Irjen Pol (Purn) Drs. Eko Hadi Sutejo, SH., M.Si. memaparkan Pemahaman orang akan HAM (Hak Asasi Manusia) masih sangat terbatas.

Kecenderungan orang mengerti HAM hanya terkait pelanggaran-pelanggaran hak orang sipil di daerah rawan konflik, peristiwa kekerasan yang diduga dilakukan oleh TNI/Polri di daerah konflik. Maka Dalam talkshow ini saya mengupas tentang definisi HAM, hal-hal apa saja yang terkait dengan HAM, dengan demikian akan timbul kesadaran masyarakat akan arti HAM yang sesungguhnya, sehingga masyarakat lebih paham apabila bersentuhan dengan HAM. Diharapkan dengan pengertian dan pemahaman yang benar tentang HAM, maka masyarakat akan mampu untuk Memenuhi HAM, Menghormati dan Melindunginya.

Sementara Ketua PC 1133 FKPPI kota Semarang H. Sutrisno, SE menjelaskan pula Peran aktif kegiatan FKPPI kota Semarang berkontribusi kepada masyarakat dalam memenuhi HAM, menghormati dan Melindunginya, yakni diantaranya Bedah Rumah, Penyemprotan Disinfektan di wilayah kota Semarang, Bakti Sosial, Bagi Sembako kepada Masyarakat tidak Mampu, Mengevakuasi korban Merapi di Yogyakarta dan Korban Tsunami di Nangro Aceh Darusalam, TMMD TNI masih banyak lagi kegiatan kegiatan secara nyata ke Masyarakat. (BK/Melly Yuna/Har)

 996 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *