Qatar University Tertarik Buka Cabang di Indonesia

Dr. Hassan Rashid Al Derham, Presiden Qatar University saat pertemuan dengan Dubes RI untuk Negara Qatar, Ridwan Hassan. (Foto: dok.kbri.doha)

DOHA – Qatar University (QU), salah satu universitas terbaik di Qatar dan Timur Tengah (Timteng) menyampaikan ketertarikannya untuk membuka cabang di Indonesia.

“Sepanjang regulasi di Indonesia memungkinkan untuk itu, kami siap melakukannya,” kata Dr. Hassan Rashid Al Derham, Presiden Qatar University saat pertemuan dengan (Duta Besar (Dubes) RI untuk Negara Qatar, Ridwan Hassan, Minggu (22/8/2021).

Dalam pertemuan tersebut Dubes Ridwan Hassan menyampaikan apresiasinya kepada pihak QU yang telah memfasilitasi para mahasiswa Indonesia untuk menempuh pendidikan di QU. Saat ini terdapat sekurangnya 25 mahasiswa Indonesia dari berbagai jenjang, sedang menempuh studi di QU. Diharapkan ke depan akan lebih banyak lagi mahasiswa Indonesia yang belajar di QU dan sebaliknya, lebih banyak lagi pelajar dan pengajar dari QU yang belajar di Indonesia.

“Indonesia memiliki banyak Universitas bereputasi tinggi dan masing-masing memiliki strength point. Seperti ITB dan IPB yang masing-masing memiliki keunggulan di bidang teknologi dan pertanian,” ujar Dubes Ridwan Hassan, dikutip dari siaran pers KBRI Doha.

Presiden QU, Dr. Hassan Rashid Al Derham menyatakan ketertarikannya untuk bekerjasama dengan Universitas-Universitas di Indonesia. Bagi Dr. Hassan, Indonesia adalah negara dengan potensi luar biasa.

“Dengan pertumbuhan kelas menengah yang sangat tinggi, Indonesia adalah negara yang menjanjikan,” katanya.

Atas permintaan Dubes RI, Dr. Hassan juga menyampaikan kesiapannya untuk memfasilitasi aktifitas mahasiswa-mahasiswi Indonesia di QU, termasuk dalam membentuk asosiasi atau student club untuk memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia.

Menurut data dari Kementerian Pendidikan Tinggi Qatar terdapat sekitar 2059 pelajar/mahasiswa Indonesia yang saat ini sedang belajar di Qatar. Mereka tersebar di berbagai jenjang dari Sekolah Dasar sampai Pendidikan Tinggi. Sebagian besar dari mereka adalah anak-anak diaspora Indonesia yang lahir dan besar di Qatar. (BK/djoe)

 1,101 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *