Siapa Juara Euro, Inggris Apa Italia?

Oleh; Iklim Cahya, pemerhati bola dari Sumsel

BABAK Final Euro 2020 (digelar 2021) akan mempertemukan Inggris (England) vs Italia (Italy), dua raksasa sepakbola eropa. Bagi Inggris ini untuk pertama kalinya masuk final sejak 55 tahun lalu, padahal negeri Ratu Elizabeth ini terus memiliki pemain bintang seperti Garry Lineker dan David Beckam.

Bahkan Inggris pernah memiliki the dream team, generasi emas, yang memiliki kekuatan prima di setiap lini. Kumpulan pemain-pemain itu antara lain seperti John Terry dan Rio Ferdinand (Full back), Frank Lampard dan Steven Gerard (Tengah), serta Wyne Rooney (depan). Namun di era generasi emas ini, Inggris nihil juara. Selama ini Inggris baru sekali meraih gelar bergensi yakni pada Piala Dunia Tahun 1966, 55 tahun lalu.

Begitu juga kompetisi dalam negerinya dikenal sangat baik dan kompetitif. Hampir semua pemain kelas dunia pernah bermain di tanah Inggris. Sebuah kompetisi yang heboh, hampir tanpa jeda dengan mempertandingkan tiga turnamen, Primership, Piala FA, dan Piala Liga Inggris (Capital One). Piala FA dan Capital One mempertemukan 3 kasta liga di Inggris. Kompetisi yang sangat padat, di saat semua orang menikmati libur natal dan tahun baru, liga Inggris tetap berputar.

Begitu pula dengan Italia, juga memiliki bintang-bintang top, dengan kompetisi yg juga menarik. Italia pernah tiga kali menjadi juara dunia (World Cup), terakhir tahun 1982 dengan kejutan bintangnya Paolo Rosi. Di kanca eropa, Italy dalam tiga gelaran Euro terakhir dua kali mencapai final, tapi apes bagi Italy, karena kandas di dua final yang dilakoninya tersebut. Euro Tahun 2008 dikalahkan Perancis, dan tahun 2012 takluk ditangan Spanyol dengan generasi emasnya saat itu.

Menilik materi pemain saat ini, Inggris dan Italy memang tetap pantas berada di final. Mereka melaju dengan meyakinkan. Italy bahkan menumbangkan dua unggulan lainnya yakni Belgia dan Spanyol. Karena itu final Euro malam ini yang disiarkan RCTI pukul 02.00 Senin dini hari, menarik untuk disaksikan.

Bintang-bintang mereka akan tampil menyihir penonton. Inggris dikenal memiliki permainan cepat dan kuat, sedangkan Italy memiliki tehnik dan pertahanan kuat ala catanecio, yang sangat dikenal. Pertahanan ini akan dikoordinir pemain senior, Cellini yang juga dipercaya sebagai Captain tim. Cellini akan berduet dengan Bonuci, yang selama beberapa tahun ini duet pertahanan yang tak tergantikan.

Sedang di lini serang Inggris akan mengandalkan Harry Kane, sedang Italy mengandalkan Immobile yang sama-sama haus gol. Keuntungan Inggris karena kebetulan pertandingan final memang dijadwalkan di Wembley Stadion, London. Sehingga seolah Inggris menjadi tuan rumah, yang tentu penonton dari pendukungnya akan lebih banyak.

Karena itu dengan memperhatikan plus minus kedua tim, maka agak sulit memprediksi siapa yang bakal menjadi pemenangnya, sekaligus Juara Euro 2020. Tapi menurut saya siapapun yang tampil sebagai pemenang, score tak akan selisih jauh yakni 1:0 atau 2:1, kcuali kalau pertandingan terpaksa berakhir dengan adu penalti, bisa 5:4 atau 5:3. Yuk kita saksikan saja dini hari nanti. Jangan ketiduran hehe. ***

 963 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *