Kasus Covid-19 Meningkat di Kecamatan Serang Baru, Warga Minta Bantuan Bakesmas PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi, Usup Supriatna saat melakukan sosialisasi kepada warga, Sabtu (26/6/2021). (Foto: Istimewa)

WARGA Perumahan Megaregensi dan Perumahan Kota Serang Baru, Desa Sukaragam, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi, minta bantuan DPC PDI Perjuangan melakukan penyemprotan desinfektan mengantisipasi meningkatkannya jumlah warga yang terpapar Covid-19 belakangan ini.

Permintaan itu langsung direspon Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi, Usup Supriatna bersama Badan Kesehatan Masyarakat (Bakesmas) dan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna), Perwakilan Desa Sukaragam serta Karang Taruna Desa Sukaragam, Sabtu (26/6/2021)

Mereka langsung bergerak cepat menyikapi banyaknya keluhan masyarakat terkait penanganan Covid-19. Bakesmas DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi juga melakukan sosialisasi, penyemprotan desinfektan dan membagikan masker serta vitamin.

“Warga di perumahan ini meminta adanya penyuluhan penanganan jika ada yang terpapar Covid-19, karena warga yang dinyatakan positif sudah tidak bisa dibawa ke rumah sakit dengan alasan penuh, sehingga perawatan wajib dilakukan di rumah,” kata Usup Supriatna kepada Koran Bekasi, Sabtu (26/6/2021).

Menurut dia, penyuluhan dan sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka peringatan ‘Bulan Bung Karno’ sekaligus untuk memudahkan dan membantu warga melakukan tindakan cepat saat ada yang positif terpapar Covid-19.

“Penyuluhan ini dihadiri dua orang perwakilan masing-masing RT dan Posyandu dari Blok B dan Blok C. Tujuannya, agar tidak kebingungan dan panik saat ada warga positif Covid-19. Tadi sudah dijelaskan oleh Kepala Bakesmas, dr Ferry Sirait,” lanjut Usup Supriatna.

Dia menjelaskan, sosialisasi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian DPC PDI Perjuangan kepada masyarakat agar bisa menjadi garda terdepan di lingkungan masing-masing menghadapi Covid-19 yang semakin meningkat di Kabupaten Bekasi.

“Perwakilan masyarakat yang hadir bisa mendapatkan bekal dari hasil pemaparan dr Ferry Sirait dalam menangani pasien yang positif Covid-19 dan saling membantu untuk memberi pertolongan di rumah masing-masing,” tutupnya.

Sementara, Kepala Bakesmas dr Ferry Sirait kepada perwakilan RT dan Posyandu Perumahan Kota Serang Baru menjelaskan tentang gejala Covid-19. Dia juga meminta agar masyarakat menghindari kebingungan dan kepanikan jika ada warga yang positif Covid-19.

“Kita perlu sosialisasi karena materi Covid 19 ini sangat banyak dan harus diketahui gejalanya. Bagaimana cara mengatasi atau mencegah, termasuk mensosialisasikan penggunaan masker dua lapis serta mendorong warga agar mematuhi dan melaksanakan 3M atau 5M,” papar dr Ferry Sirait.

Pantauan Koran Bekasi, usai pemaparan dr Ferry Sirait juga memberikan kesempatan kepada warga untuk bertanya. Pernyataan para peserta sosialisasi beragam. Mulai dari penanganan jika ada pasien positif yang sudah tidak bisa ditampung di rumah sakit, pengenalan gejalanya, pengadaan tabung oksigen, dan manfaat vaksin.

Heryanto selaku Ketua Karang Taruna Desa Sukaragam yang ikut dalam kegiatan tersebut, mengungkapkan bahwa pihaknya saat ini sedang gencar melakukan penyemprotan desinfektan.

“Dua hari terakhir ini kami melakukan penyemprotan desinfektan mulai dari Perumahan KSB, Perumahan Megaregensi dan nanti akan dilanjutkan ke perkampungan,” terang Heryanto.

Heryanto berharap warga Desa Sukaragam tetap patuh melaksanakan protokol kesehatan (Prokes), yaitu memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan dan juga menghindari kerumunan.

Ditempat yang sama, Didi selaku ketua RT mengakui kegiatan ini berlangsung atas permintaanya kepada pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi.

“Dengan merebaknya virus Covid 19 di Perumahan KSB, khususnya blok C ini, saya minta bantuan ke PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi melalui Pak Usup Supriatna selaku sekretaris,” kata Diding.

Didi mengungkapkan, warga yang hadir telah mendapatkan penyuluhan dalam penganan pasien yang terpapar Covid 19. “Alhamdulilah dalam penyuluhan penanganan pertama pada pasien Covid-19 kami telah mengetahui bagaimana cara pemasangan tabung oksigen dan manfaat vaksin setelah adanya sosialisasi ini,” ucapnya.

Mewakili warga KSB, Didi mengucapkan terimakasih banyak kepada DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi, khususnya kepada Usup Supriatna selaku Sekretaris DPC PDI Perjuangan yang telah menunjukkan kerja nyata dan sangat respon terhadap keluhan masyarakat.

Didi menambahkan, warga Blok C dari 10 RT yang positif terpapar virus Covid 19 sebanyak 80 orang. “Dari 10 RT yang ada sebanyak 80 orang positif Covid 19,” tutupnya. (BK/Zas)

 813 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *