Dengan JS3C, Sekolah Dapat Menghadirkan Pembelajaran yang Lebih Smart

SMKN 1 Cimahi

CIMAHI — Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Cimahi Resmi menjadi pilot project “Jabar Smart School Smart Classroom” (JS3C) dan menjadi SMK pusat keunggulan. Bekerja sama dengan Bank BJB, program JS3C diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran.

Mewakili Gubernur Jawa Barat (Jabar), Asisten Daerah (Asda) I Jabar, Dewi Sartika meresmikan program JS3C di Aula SMKN 1 Cimahi, Jln. Mahar Martanegara No. 48, Kota Cimahi, Rabu (21/4/2021).

Ada dua smart classroom yang dibangun di SMKN 1 Cimahi. Dua ruang tersebut dimanfaatkan untuk kompetensi keahlian mekatronika dan teknik otomasi industri (TOI).

Adapun fasilitas yang ada di smart clasroom, antara lain ruang kelas ergonomis yang didukung internet of things controller, smart board, learning management system, absensi yang terintegrasi dengan pintu masuk dan menunjang blended learning.

Ike, sapaan akrab Dewi Sartika mengatakan, pembelajaran hari ini harus beradaptasi dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. “JS3C adalah program yang tepat untuk diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah. Karena, tanpa digitalisasi, kita tidak mungkin bisa mengejar masa depan,” ungkapnya.

Dengan program JS3C, Ike meyakini sekolah dapat menghadirkan pembelajaran yang lebih smart dari sebelumnya. “Bidang pendidikan di sekolah memang harus lebih smart. Harus diimplementasikan di ruangan yang smart juga agar mudah dijangkau oleh siswa dan bisa menjadi tempat bereksperimen,” tuturnya.

Ike pun mengajak seluruh sekolah di Jabar untuk terus melakukan terobosan dan inovasi. “Ini harus diikuti dan dikembangkan oleh berbagai SMK lainnya di Jabar untuk menjadi SMK hebat, SMK juara, dan SMK yang kuat,” serunya.

Salah seorang siswa, Nisrina Fatyha mengaku, smart classroom sangat bermanfaat untuk dirinya, khususnya untuk pembelajaran yang bersifat praktik. “Kita kan SMK yang enggak cuma belajar teori, tapi juga ada praktiknya. Ruang ini menunjang banget untuk pembelajaran praktik kita,” ujar siswa kelas XII tersebut.

Peresmian program JS3C dihadiri Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dedi Supandi, Sekretaris Disdik Jabar (Wahyu Mijaya), Kepala UPTD Tikomdik (Hendra Kusuma Sumantri), Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII (Arief Subakti), dan perwakilan Bank Bjb. [BK/Amh]

 925 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *