Riza Patria Tinjau “Grebek Lumpur”

Prorgam Kerja Bakti di Kelurahan Serdang, Kemayoran

GREBEK LUMPUR: WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meninjau prorgam kerja bakti ‘Grebek Lumpur’ yang dilaksanakan di saluran penghubung Kampung Irian dan lingkungan RW 06, Kelurahan Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (15/11).

JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meninjau prorgam kerja bakti ‘Grebek Lumpur’ yang dilaksanakan di saluran penghubung Kampung Irian dan lingkungan RW 06, Kelurahan Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (15/11).

Pada kesempatan itu Ahmad Riza Patria mengatakan, seperti biasa setiap Sabtu dan Minggu, mulai dari Gubernur, walikota hingga lurah selalu keliling. Para pamong melakukan peninjauan dan pengecekan, apa yang dikerjakan dinas terkait seperti Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, Lingkungan Hidup dan Pertamanan dan Hutan Kota dalam rangka upaya pengendalian banjir di Jakarta pada musim hujan.

“Upaya yang kami lakukan dalam pengendalian banjir, yaitu pengerukan saluran air yang menjadi program yang paling utama, karena untuk menambah volume tampungan air,” katanya.

Riza menuturkan, berbagai upaya sudah dilakukan dinas terkait dalam program pengendalian banjir di antaranya meningkatkan jumlah penampungan air dengan memperlebar dan memperdalam kali, sungai, embung, waduk, dan situ. Juga mengoptimalisasi pompa pompa air untuk memastikan berjalan baik.

Selain itu melaukan terobosan-terobosan dengan membuat sodetan-sodetan. “Pada periode ini banyak sekali kita membuat codetan, mulai dari sodetan besar yaitu Sungai Ciliwung hingga sodetan yang kecil untuk mengantisipasi atau upaya pengendalian banjir,” jelasnya.

Ia mengharapkan masyarakat supaya dapat menjaga lingkungannya masing-masing dengan tidak membuang sampah sembarangan agar tidak terjadi genangan saat hujan.

Walikota Jakarta Pusat Bayu Meghantara menambahan, kerja bakti ‘grebek lumpur ‘dilakukan di delapan titik di Jakarta Pusat. Kerja bakti grebek lumpur di RW 06 melibatkan 317 personel yang terdiri dari petugas Sumber Daya Air, Bina Marga, Lingkungan Hidup, Pertamanan dan Hutan Kota, PPSU, Satpol PP, Sudin Perhubungan, unsur Rt, Rw, LMK, FKDM dan warga setempat.

Camat Kemayoran Asep Mulyaman didampingi Kasatpel SDA Kecamatan Kemayoran Supriyadi dan Lurah Serdang Riska Handayani menambahkan, panjang saluran PHB Kampung Irian yang dikeruk mencapai 350 meter, berdimensi 2 X 2,5 Meter dengan ketebalan lumpur 60 cm. Pengerukan dilakukan secara manual dibantu 1 unit beko mini (esksavator) serta 7 unit kendaraan truk dengan melibatkan 25 petugas SDA. Dalam pengerukan tersebut lumpur yang diangkat sebanyak 30m3 setara dengan 5.000 karung. (BK/nga)

 979 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *